Connect with us

TV

“Pandemic” – Perjuangan Dunia Melawan Virus

Layar.id – Ketika berita mengenai virus COVID-19 atau virus Corona mulai tersiar secara global, Netflix merilis sebuah dokumentasi bertajuk Pandemic. Serial dokumenter tersebut memperlihatkan seberapa siap atau tidaknya dunia dihadapi pandemi baru, dan bagaimana menghadapinya.

BUKAN MASALAH JIKA, MELAINKAN KAPAN

Dalam cuplikan trailer Pandemic, kita akan diperkenalkan dengan sebuah teori tentang penularan virus mematikan yang bergerak cepat. Salah satunya adalah virus influenza yang memakan korban hingga 100 juta orang pada 100 juta tahun yang lalu. Pada saat itu populasi penduduk dunia berjumlah 2 miliar.

Pandemic (2020)

Kondisi tersebut kemudian dibandingkan dengan situasi saat ini, populasi penduduk dunia terus meningkat hingga hampir mencapai angka 8 miliar. Berangkat dari hal ini, salah seorang pakar medis sekaligus direktur USAID, Dr. Dennis Carroll mengatakan bahwa ketika berbicara mengenai pandemi flu, bukanlah masalah jika, melainkan kapan.

BERANGKAT DARI KISAH BEBERAPA ILMUWAN

Serial yang diproduksi oleh Zero Point Zero Productions, serta digarap oleh Anthony Bourdain akan memperlihatkan bagaimana resiko serta dampak yang sangat signifikkan dari virus misterius yang bergerak cepat. Tidak hanya dari sektor kesehatan, banyak sektor lain yang turut terkena dampak seperti ekonomi, wisata, pendidikan, dan lain sebagainya.

Pandemic yang sudah diputar sebanyak enam episode tersebut berangkat dari kisah perjuangan beberapa ilmuwan dan dokter.

Dr. Syra Madad dalam serial Pandemic (2020)

Yang pertama ada Dr. Syra Madad, seorang dokter di rumah sakit di New York yang tidak henti-hentinya menyiapkan pelatihan dan persiapan bagi para pekerja di rumah sakit agar siap menghadapi pandemi, mengikuti standar yang ditetapkan oleh Centers for Disease Control and Prevention, atau Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Ia juga mengaku bahwa selain pandemi, pekerjaannya kerap kali menimbulkan ketakutan, stigma, dan kepanikan, dari rumor dan informasi yang tidak akurat, sehingga tidak hanya virus, hal tersebut juga patut diwaspadai.

Pandemic (2020)

Yang kedua ada kisah Jake Glanville dan Sarah Ives, dua ilmuwan yang berusaha membuat vaksin flu one-shot secara global. Mereka kemudian berniat membagikan vaksin tersebut secara gratis bagi orang-orang di negara-negara berkembang. Kemudian ada juga sosok Jaipur yang berkunjung ke bangsal rumah sakit yang penuh sesak, kemudian mengunjungi sebuah pasar unggas di Vietnam.

PERJUANGAN MENGHADAPI PANDEMI

Berangkat dari kisah para dokter dan ilmuwan, Pandemic kemudian menyoroti kondisi di seluruh dunia, mulai dari adanya kamp di perbatasan Amerika, rumah sakit daerah yang kekurangan dana di Oklahoma, tindakan protes dari para anti-vaxxers di Oregon, hingga ke Kongo, ketika para ahli berusaha menampung virus Ebola, yang memakan banyak korban jiwa. Selain itu ada juga kisah para dokter di India berjuang menghadapi 1.000 pasien yang terkena flu babi dalam sehari.

Pandemic (2020)

Semua perjuangan dan dedikasi yang ditunjukkan oleh para ahli dan tenaga medis disajikan secara informatif sekaligus inspiratif. Gambaran nyata akan pandemi yang dibalut dengan apik sekaligus relevan dengan kondisi saat menjadikan Pandemic dapat menjadi salah satu tontonan penting di Netflix pada penghujung bulan ini.

Sumber dan foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Serial Andalan Fox Akan Kembali Mengudara Pada Awal Tahun 2021!

TV

Kritikan dan Pujian Film “Emily In Paris”

TV

Jefri Nichol Hadir Kembali dalam Film Romantis “Seperti Hujan yang Turun ke Bumi”

Film

Joey King dan McG Kembali Berkolaborasi dengan Netflix dalam Film Adaptasi Novel “Uglies”

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup