Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netflix

Hal Menarik dari Dokumenter Big Vape The Fall and Rise Juul

Hal Menarik dari Dokumenter Big Vape The Fall and Rise Juul

Layar.id – Rokok elektronik atau biasa dikenal dengan rokok elektrik (Vape) merupakan sebuah inovasi terbaru dari bentuk rokok konvensional menjadi rokok modern. Rokok elektronik pertama kali dikembangkan pada tahun 2003 oleh SBT Co Ltd, sebuah perusahaan yang berbasis di Beijing, Tiongkok, yang sekarang dikuasai oleh Golden Dragon Group Ltd Pada tahun 2004.

Lantas, bagaimana dengan dokumenter Big Vape The Fall and Rise Juul ini? Sebuah cerita menarik dari Rokok Elektrik Vape kali ini.

Lantas apa itu Rokok Elektrik?

Selain itu, rokok elektronik juga lebih hemat daripada rokok biasa karena bisa isi ulang dan bentuknya seperti batang rokok biasa, tetapi tidak membakar tembakau seperti produk rokok konvensional.

Rokok jenis ini memanaskan cairan atau yang disebut dengan Liquid menggunakan baterai dan uapnya masuk ke paru-paru pemakai.

Produk ini kemudian dipasarkan dengan banyak nama, di antaranya rokok elektronik, ecigarro, electro-smoke, green-cig, smartsmoker hingga vape.

Berkat kemunculannya tersebut akhirnya sutradara R.J. Cutler mengangkatnya ke sebual film dokumenter berjudul Big Vape The Fall and Rise Juul.

Film dokumenter asal Amerika Serikat tersebut di produksi oleh Amblin Television, This Machine, Time Studios  dengan 4 episode dan tayang di sebuah platform streaming online, Netflix pada tanggal 11 Oktober 2023.

Big Vape The Fall and Rise Juul menceritakan sebuah perusahaan rintisan rokok elektronik yang agresif menjadi perusahaan bernilai miliaran dolar hingga sebuah epidemi meruntuhkan kesuksesannya.

Film dokumenter ini mengeksplorasi misi awal JUUL, kesuksesan finansialnya, serta reaksi kerasnya melalui serangkaian wawancara cuplikan lama.

JUUL sendiri berdiri oleh Adam Bowen dan James Monsees. Keduanya adalah mantan perokok yang berkenalan saat studi produk desain di Stanford University.

Karena ingin berhenti merokok, mereka inginkan sebuah vape yang ramping, praktis dan bisa lepas ketergantungan dengan rokok. Selanjutnya hadir produk dengan nama Ploom serta hadir juga alat penguap Pax.

Sementara itu, karyawan dan mantan karyawan perusahaan juga terlibat ke dalam film dokumenter tersebut dan beberapa dari mereka ada yang memilih untuk tidak menyebutkan namanya alias anonim demi keselamatan mereka sendiri.

Baca Juga: 7 Dokumenter Menarik Dari Netflix

Hal Menarik dari Dokumenter Big Vape The Fall and Rise Juul

Berikut Hal Menarik dari Dokumenter Big Vape The Fall and Rise Juul, simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana JUUL Rise dan Fall bersamaan

Awal kemunculan sebuah rokok elektrik (Vape), menganggap sebagai alat penolong bagi mereka yang kecanduan rokok supaya berhenti merokok.

Selain itu, alat ini juga pasarkan ke publik sebagai alternatif yang lebih aman dari produk tembakau biasa.

Namun hingga saat ini keberadaannya masih menuai kontroversi dan di sebagian besar negara sebagai produk yang ilegal dan terlarang.

Pasang surut kehadiran JUUL

Semenjak kehadiran JUUL sendiri sudah jadi Vape alternatif.  Mulai dari tahun 2015 merupakan awal dari berdirinya JUUL dan memang jadi perusahaan dengan pertumbuhan paling cepat di dunia.

Sayangnya, Vape sendiri naiknya cepat namun jatuhnya juga cepat. Tatkala resiko kesehatan dari vaping itu sendiri meningkat. Menyusul larangan keras dari regulator kesehatan USA perihal bahaya-nya gunakan Vape sebagai pengganti rokok.

Produk JUUL yang awalnya tercipta untuk tujuan positif sebagai alternatif pengganti rokok, akhirnya menjadi krisis kesehatan masyarakat setelah produknya beredar serta konsumsi oleh banyak anak-anak dan remaja di Amerika Serikat (AS).

Nah itulah, Hal Menarik dari Dokumenter Big Vape The Fall and Rise Juul, penasaran dengan kisah selengkapnya, kamu bisa menontonnya di Netflix.

Sumber: Berbagai Sumber, Wikipedia, Netflix.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Korea Selatan selalu dikenal dengan berbagai serial dan film seru. Berbagai latar cerita dan plot twist didalamnya membuat banyak orang menggemari nya. Tak...

Streaming

layar.id – Serial terbaru dari Netflix Nightmares and Daydreams merupakan hasil karya terbaru Joko Anwar. Memang ini karya terbaik? Dari Joko Anwar selama ini....

Film Barat

Layar.id – Netflix kali ini mencoba mengangkat kisah beberapa film yang sepertinya menarik sekali. Mereka coba dengan membawa perspektif baru dan juga hal baru ke...

Film Barat

Layar.id – Ssst, Ada yang comeback lho kali ini dengan film legendaris dan bikin geger dunia golf. Iya, Happy Gilmore sendiri bakalan ada lanjutan sekuelnya....