Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netflix

TIDAK HANYA NKCTHI, INILAH 4 FILM INDONESIA YANG BERTEMAKAN KELUARGA

Layar.id- Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini merupakan salah satu film Indonesia yang bertemakan keluarga. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini menceritakan bahwa setiap anggota keluarga mempunyai privasinya masing-masing.

NKCTHI memvisualisasikan bawa dibalik kebahagiaan sebuah keluarga terdapat rahasia yang tidak diketahui oleh orang lain didalamnya. NKCTHI ditulis oleh wanita cantik bernama Marchella Febritrisia Putri pada tahun 2019 silam.

NKCTHI dibintangi oleh beberapa aktris dan aktor ternama Indonesia yakni, Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara, Susan Bachtiar dll. Film ini sempat menjadi perbincangan khalayak ramai karena banyak sekali orang yang memiliki cerita yang sama dengan film tersebut.

Film Indonesia yang bertemakan keluarga memang cukup menarik perhatian para pecinta film, bukan hanya NKCTHI saja tetapi di Indonesia sendiri sudah banyak sekali film yang bertemakan tentang keluarga. Berikut 4 Film Indonesia yang bertemakan keluarga:

1. Keluarga Cemara 1

Film Keluarga Cemara merupakan hasil dari sebuah adaptasi dari cerita bersambung yang dimuat di majalah Hai lalu berubah menjadi novel berseru karya Arswendo Atmowiloto. Film Keluarga Cemara ini sudah mengeluarkan 2 seri/season. Keluarga Cemara season 1 tayang pada tahun 2018 silam sedangkan Keluarga Cemara season 2 tayang pada tahun 2022 lalu.

Film ini dibintangi oleh Ringgo Agus, Nirina Zubir, Zara Adhisty, Widuri Putri Sasono, Asri Welas, Gading Martin dan masih banyak lagi pemain lainnya. Pada season 1, film Keluarga Cemara menceritakan sebuah keluarga yang tinggal di jakarta dan memiliki kehidupan yang serba berkecukupan. Sehingga pada suatu hari, Abah (Ringgo Agus) jatuh miskin dikarenakan ditipu oleh salah satu anggota keluarga mereka. Harta benda yang mereka miliki seketika habis disita, sehingga mereka harus pindah ke sebuah desa di Kabupaten Bogor untuk melangsungkan hidup.

Abah dan seluruh keluarga harus beradaptasi dengan kehidupannya yang baru. Hidup yang jauh lebih sederhana daripada hidup mereka yang kemarin. Mereka mengalami segala ketidaknyamanan yang selama ini mereka tidak pernah rasakan sebelumnya. Di season 1 ini banyak sekali tantangan yang harus mereka lewati, tetapi mereka tetap bersatu dan saling menyayangi satu sama lain.

2. Cek Toko Sebelah

Film Cek Toko Sebelah merupakan hasil produksi Starvision Plus dan disutradarai oleh Ernest Prakasa. Film ini dirilis pada tanggal 28 Desember 2016 dan tayang di seluruh bioskop Indonesia. Ide dari film ini dibuat berdasarkan dengan realitas etnis Tionghoa ketika anak sudah beranjak dewasa dan memiliki pendidikan yang tinggi, mirisnya pada akhirnya ia harus melanjutkan usaha dari kedua orang tuanya. Film ini ditulis langsung oleh Ernest Prakasa dan Jenny Jusuf dengan pengembangan cerita oleh Meira Anastasia (istri Ernest Prakasa).

Film ini menceritakan tentang keluara Koh Afuk (Chew Kin Wah) yang memiliki 2 orang anak laki-laki bernama Yohan (Dion Wiyoko) dan Erwin (Ernest Prakasa). Anak pertama Koh Afuk yakni Yohan sudah memiliki seorang istri bernama Ayu (Adinia Wirasti) mereka berdua menikah tanpa restu dari Koh Afuk sehingga hubungan antara Yohan dan Koh Afuk dapat dikatakan dingin. Disisi lain, Erwin mempunyai kekasih bernama Natalie (Gisella Anastasia) mereka berdua sama-sama bergelut di dunia perkantoran. Erwin merupakan anak kesayangan Koh Afuk, sampai suatu hari ketika Koh Afuk jatuh sakit, ia menyerahkan toko yang dia punya kepada putra keduanya Erwin.

Melihat sang ayah bertindak seperti itu, membuat Yohan kesal dan merasa tidak dihargai oleh sang Ayah. Akhirnya Erwin ingin mencoba untuk mengurus toko tersebut selama 1 bulan saja. Satu bulan berlalu, Erwin memutuskan untuk kembali bekerja di kantornya dan hal itu membuat Koh Afuk merasa sedih dan kecewa.

3. Susah Sinyal

FIlm Susah Sinyal merupakan film bertemakan keluarga dan komedi. Film ini ditulis dan di sutradarai oleh Ernest Prakasa. Film ini mengisahkan tentang seorang single parent yang bernama Ellen (Adinia Wirasti) dan putri semata wayangnya Kiara (Aurora Ribero).

Ellen merupakan seorang pengacara hebat ia memiliki partner kerja bernama Iwan (Ernest Prakasa). Ellen sedang membangun firma hukum sendiri bersama Iwan tetapi ditengah usahanya itu, ia harus kehilangan sosok yang telah melahirkan ia ke dunia yaitu ibu kandungnya. Kiara yang selama ini tinggal dengan sang nenek merasa kehilangan dan sangat sedih lantaran ditinggal sang nenek.

Hubungan Ellen dan Kiara tidak sebaik dan semulus hubungan ibu dan anak pada umumnya. Mereka berdua saling canggung bahkan mereka jarang sekali untuk mengobrol bersama. Semenjak meninggalnya sang ibunda, Ellen ingin hubungannya dengan sang anak pun membaik. Akhirnya ia mengajak Kiara untuk berlibur bersama dan mereka memutuskan untuk pergi berlibur ke Sumba.

Mereka menginap di sebuah hotel berkonsep back to nature kepunyaan Tante Maya (Asri Welas), setelah beberapa hari menginap dan berlibur di Sumba hubungan ibu dan anak itupun kembali mencair keduanya pun sudah saling berbicara dan berdiskusi. Ellen berjanji untuk bisa membagi waktu antara pekerjaan dan kiara. Tetapi, konflik pun terjadi kembali antara mereka berdua. Ellen menginkari janjinya kepada Kiara sehingga membuat Kiara kesal dan kecewa dengan sang ibu akhirnya Kiara memutuskan untuk kembali ke Sumba untuk menenangkan diri disana.

Diakhir cerita film ini, Ellen akhirnya menyampaikan apa yang selama ini menjadi alasan dia untuk mensibukkan diri. Film ini cukup membuat penonton menangis karena alur film ini sangat menyentuh hati para penonton.

4. Ali & Ratu-Ratu Queens

Film Ali & Ratu-Ratu Queens telah tayang di platform Netflix pada 17 Juni 2021 lalu. Film yang di sutradarai oleh Lucky Kuswandi ini bertemakan keluarga dan komedi.

Film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Nirina Zubir, Asri Welas, Tika Panggabean dan Happy Salma ini menceritakan tentang seorang remaja laki-laki bernama Ali (Iqbaal Ramadhan) yang ditinggal oleh ibunya pergi ke New York untuk mengejar cita-citanya disana. Ali harus merawat sang Ayah yang sakit stroke (Ibu Jamil) ibunya yang selama ia tunggu-tunggu tidak kunjung datang kembali ke rumahnya. Sampai akhirnya ketika sang Ayah meninggal dunia, Ali memutuskan untuk pergi ke negeri Paman Sam dan mencari sang ibunda di New York.

Namun, sesampainya Ali disana ia malah bertemu dengan salah satu teman ibunya dahulu yaitu Party (Nirina Zubir) yang tinggal di Queens, New York.  Ali menemui Party di apartemen milik Party dan teman-temannya satu gengnya yang memiliki julukan ratu-ratu queens. Anggota ratu-ratu queens yakni Biyah (Asri Welas), Ance (Tika Panggabean) dan Chinta (Happy Salma).

Akhirnya, Ali dibantu oleh para ratu-ratu queens untuk bertemu dengan ibunya. Setelah Ali bertemu dengan ibunya Mia (Marissa Anita), sang ibu enggan untuk bertemu dengan Ali dan meminta Ali untuk tidak menemuinya lagi. Ali yang melihat perilaku sang Ibunda menjadi sedih dan sangat kecewa tetapi itu tidak membuatnya patah semangat. Ali tetap berusaha ingin bertemu dengan Ibunya.

Disisi lain, Mia merasa kebingungan karena anaknya Ali sudah beranjak dewasa dan mengharapkannya untuk kembali ke Indonesia sedangkan ia sudah memiliki keluarga baru di New York dan hal tersebut membuatnya tidak dapat kembali ke Indonesia.

 

Itulah beberapa Film Indonesia yang bertemakan keluarga, kalian bisa menghabiskan waktu kalian dengan menonton film tersebut diatas bersama keluarga kalian.

 

*Sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Indonesia

Layar.id – Menonton film keluarga adalah momen berharga untuk menciptakan kenangan indah dan mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Selain itu, kegiatan ini...

Berita Hiburan

Terakhir diperbarui 1 Agustus, 2023 Layar.id – Pengikut setia NKCTHI, simak hubungan antara Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti dan Nanti Kita Cerita Tentang...

Film Indonesia

Layar.id – Dunia perfilman Indonesia semakin maju dengan film-film hasil remake yang begitu bagus sehingga terlihat seperti karya asli. Genrenya pun beragam. Mulai dari...

Film

Layar.id – Masyarakat Indonesia memperingati Hari Ibu di setiap tanggal 22 Desember. Sosok ibu adalah sook penting dalam setiap individu dan keluarga. Banyak film...