Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Review Enam Batang: Romantika Pasangan Muda Ibukota

Poster Enam Batang
https://m.imdb.com/

Layar.id – Ada yang bilang, pernikahan itu seperti menyerahkan diri secara utuh untuk bersama, jika memang, selamanya bersama orang asing. Bagi yang sudah punya pacar atau pasangan, boleh saja kita tahu secara detail apa kebiasaannya, makanan kesukaannya, film favoritnya, genre lagu yang tidak disukainya, atau kisah-kisah hidupnya di masa lalu. 

Namun ketika menikah, selain kita tahu lebih dalam lagi mengenai kebiasaan pasangan yang tidak pernah diperlihatkan, atau ternyata punya hobi ganjil seperti jadi wibu atau wota misalnya. Dan ternyata, tidak semua kisah masa lalunya sudah diceritakan pada kita. 

Tema rumitnya hubungan pernikahan apalagi bagi pasangan muda yang tinggal di Jakarta inilah yang coba diangkat oleh sutradara Eman Pradipta (Anak Kos Dodol, My Ice Girl) dalam film drama yang tayang awal 2022 lalu, Enam Batang.

Sinopsis Enam Batang

Syahdan, hiduplah pasangan suami istri muda kelas menengah yang tinggal di Jakarta, Arya (Omar Daniel) dan Niken (Ersya Aurelia) yang hidup bahagia dan tampak mulus dan lurus. 

Arya dan Niken, pasangan muda dalam film Enam Batang

Baca juga: Omar Daniel Totalitas Demi Perannya di Berkah Cinta

Namun saat Arya yang mendapat undangan reuni kampusnya, keadaan tersebut menjadi berubah. Niken yang turut hadir menemani Arya, berjumpa dengan Maia (Angela Gilsha) yang merupakan mantan terindah Arya.

Diliputi rasa curiga, Niken lantas mengikuti Maia, bahkan berusaha keras untuk menjadi Maia yang malah mengundang kemarahan dari Arya. 

Selama 82 menit, Pelayar akan disuguhi konflik yang berpusat pada hubungan Arya-Niken-Maia.

 

Review Enam Batang

Berantakan.

Itulah mungkin kata yang paling tepat untuk menggambarkan film ini.

Mungkin Eman Pradipta terpengaruh dengan kicauan para sinefil yang kebanyakan snob yang selalu memakai parameter “film yang bagus adalah film dengan ending yang plot twist“.

Enam Batang sendiri memang berakhir plot twist. Namun lebih membuat melongo bagaikan pajangan barong alih-alih takjub. 

Dan yang pasti Pelayar bisa dibuat kesal dengan kelakuan Niken yang tidak tahu mau apa sebenarnya. Belum lagi kelakuan teman-teman Arya dan Niken. Bukannya membantu, kehadiran mereka malah makin memperkeruh suasana. Entah mungkin karena mereka sebenarnya iri melihat keharmonisan Arya dan Niken hingga rasanya ingin sekali menghantamkan balok kayu ke kepala mereka dari belakang secara diam-diam.

Konflik segitiga antara Arya-Niken-Maia

Namun, akting yang suguhkan Omar Daniel, Angela Grisha, dan Ersya Aurelia terbilang apik. Ada ikatan kuat dari mereka bertiga sehingga mampu membuat tokoh Arya-Maia-Niken menjadi lebih hidup. Maka bolehlah jika diberi nilai 5.5 dari 10.

Jika Pelayar ingin suguhan drama romansa pasangan muda ibukota lengkap dengan konfliknya, Enam Batang bisa menjadi suguhan yang cocok. Tapi hati-hati, setelah menonton ini, bisa jadi Pelayar tidak mau hadir ke acara Reuni atau berkumpul bersama teman-teman. 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Indonesia

Layar.id – Siapa tidak kenal aktor tampan yang sukses mencuri perhatian penggemar lewat aktingnya yang luar biasa. Ya, Omar Daniel salah satu aktor Indonesia...

Film Indonesia

Layar.id – Netflix kembali hadirkan film yang gaet aktor papan atas, Omar Daniel di bulan November ini. Ya salah satu filmnya yang sedang mencuri...

Film

Layar.id – Film Indonesia genre romantis selalu sukses menarik perhatian penonton baik dari cerita maupun pemainnya. Kali ini ada film romantis yang cocok sekali...

Film

Layar.id – Film romantis Indonesia kembali hadir menemani waktu luang kamu. Sebuah film yang berjudul Tentang Rindu menceritakan perjalanan seorang gadis bernama Rindu mewarisi...