Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Premier: Film KUCUMBU TUBUH INDAHKU Karya Garin Nugroho Di Festival Film Venesia 2018

Premier: Film KUCUMBU TUBUH INDAHKU Karya Garin Nugroho Di Festival Film Venesia 2018

Last updated on 24 Agustus, 2018

FILM KUCUMBU TUBUH INDAHKU KARYA GARIN NUGROHO TAYANG PREMIER DI FESTIVAL FILM VENESIA

Jakarta, Layar.id – Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ adalah film karya Garin Nugroho. Seorang yang sudah tak asing di industri perfilman Tanah Air.

‘Kucumbu Tubuh Indahku’ diproduseri oleh Ifa Isfansyah dan rumah produksi Fourcolours films. Fourcolours Films sendiri selalu rutin memproduksi karya-karya berkualitas.

Yaitu Siti (Eddie Cahyono, 2015, Film Terbaik FFI 2015). Turah (Wicaksono Wisnu Legowo, 2016, wakil Indonesia untuk Oscar 2017). Kemudian Sekala Niskala (Kamila Andini, 2017, Film Terbaik Berlinale Generation Kplus 2018).

Seperti yang dilansir Metrotvnews, Ifa mengungkapkan bahwa ia tumbuh dan menjadi pembuat film dengan karya-karya Garin Nugroho. Sebuah kehormatan baginya bisa menjadi produser dari karya terbarunya.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ ini akan tayang premier di Festival Film Internasional Venesia 2018 Italia.

Festival Film Internasional Venesia 2018 sendiri akan digelar pada 29 Agustus – 8 September 2018 di Italia.

SEKILAS TENTANG GARIN NUGROHO

Film yang memiliki judul dalam bahasa Inggris sebagai Memories of My Body, adalah film panjang terbaru karya Garin Nugroho Riyanto.

Ia adalah sosok penting dalam dunia perfilman Indonesia, yang lebih dikenal sebagai Garin Nugroho.

Garin Nugroho adalah salah seorang sineas Indonesia yang memulai karirnya dari seorang kritikus film indie Indonesia yang sangat populer.

Selain aktif dalam pembuatan film, Garin Nugroho juga mendirikan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bernama SET. Dari LSM ini, ia pun berhasil melahirkan sutradara muda kondang yang namanya tak asing lagi ialah Riri Riza.

Sudah banyak film karya Garin Nugroho yang meraih penghargaan baik lokal maupun internasional. Tak sedikit filmnya berhasil meraih popularitas di kancah internasional.

Garin sendiri pernah terpilih sebagai salah satu dari enam sutradara inovatif tingkat dunia menurut Mozart.

KOMPETISI ORIZZONTI VENICE

Premier: Film KUCUMBU TUBUH INDAHKU Karya Garin Nugroho Di Festival Film Venesia 2018

Beberapa film yang pernah membawanya ke kancah internasional adalah film Cinta Dalam Sepotong Roti. Film ini masuk dalam Festival Film Asia Pasifik.

Kemudian ada film Bulan Tertusuk Ilalang yang berhasil menjuarai Festival Film Internasional Berlin dan Festival Tiga Benua, Nantes, Perancis. Film Opera Jawa pernah masuk dalam Festival Film Internasional Venesia tahun 2006.

Kini, film garapan Garin Nugroho kembali berlaga di Festival Film Internasional Venesia 2018.

Ialah film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ (Memories of My Body). Film ini akan world premiere dan berkompetisi di program Orizzonti Venice International Film Festival 2018.

Dalam kompetisi Orizzonti atau Horizons, Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ (Memories of My Body) akan bersaing dengan 18 film lain dari seluruh dunia.

Orizzonti atau Horizons adalah sesi kompetisi tingkat dunia di Venesia. Ini adalah ajang kompetisi film-film yang mewakili estetika dan ekspresi terbaru dalam perfilman internasional.

Program ini dimulai sejak adanya ajang Festival Film Venesia ke-67 pada tahun 2010.

Dalam Venice Film Festival 2018, film Garin Nugroho ini menjadi satu-satunya film Indonesia yang masuk deretan dalam ajang bergengsi tersebut.

Sesi Orizzonti Competition tahun ini mengambil 19 film termasuk ‘Kucumbu Tubuh Indahku’. Film lain yang masuk di antaranya: Sulla Mia Pelle (Alessio Cremonini), The Day I Lost My Shadow (Soudade Kaadan). Kemudian Charlie Says (Mary Harron) dan Jinpa (Pema Tseden).

INSPIRASI KUCUMBU TUBUH INDAHKU

Premier: Film KUCUMBU TUBUH INDAHKU Karya Garin Nugroho Di Festival Film Venesia 2018

Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ adalah film panjang ke-19 Garin.

Dalam film ini dikisahkan tentang perjalanan tubuh yang meleburkan dua sifat maskulin dan feminin secara alami. Selain itu juga menceritakan tentang perjalanan tubuh yang membawa banyak trauma.

Inspirasi film ini adalah kehidupan Rianto, seorang penari dan koreografer dunia asal Banyumas, Jawa Tengah.

Rianto adalah seorang pria kelahiran tahun 1981 yang mengalami diskriminasi terhadap kelompok tarinya.

Sejak remaja, Rianto menyukai seni tari dan mempelajarinya dengan serius. Kemudian ia pun melanjutkan sekolah di jurusan seni tari Sekolah Menengah Karawitan Indonesia. Kini, sekolah itu menjadi SMK Negeri 3 Banyumas, Jawa Tengah.

Karena karya-karyanya di bidang seni tari yang digelutinya, kini Rianto telah berhasil keliling dunia.

PARA PEMERAN

Premier: Film KUCUMBU TUBUH INDAHKU Karya Garin Nugroho Di Festival Film Venesia 2018

Film ini diperankan oleh banyak aktor aktris film dan seniman di dunia teater serta para penari.

Para pemeran film ini antara lain, Muhammad Khan, Raditya Evandra, Sujiwo Tejo, Teuku Rifnu Wikana, Randy Pangalila, Whani Dharmawan. Kemudian ada Queen Dorotea, Endah Laras, Mbok Tun, Cahwati, Fajar Suharno, dan Windarti.

Yang paling menarik dari film garapan Garin ini adalah sang inspirator film yaitu Rianto, turut berperan dalam film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’.

Nah.., sebagai bangsa Indonesia yang bangga akan karya anak bangsa, kita wajib nonton film ini. Namun belum ada info, kapan akan tayang premier di Indonesia. Kita tunggu saja ya?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Indonesia

Jakarta, Layar.id – Nama Jeihan Angga menjadi perbincangan publik setelah karya perdananya, Mekkah I’m Coming memborong 5 Piala Maya 2021 termasuk kategori Film Terbaik....

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Denzel Washington baru saja mengonfirmasi The Equalizer 3 akan segera produksi tahun ini. Hal ini disampaikan dalam wawancara film barunya, The...

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Disney Live Action Snow White and the Seven Dwarfs menambahkan cast baru! Aktor Broadway Andrew Burnap akan libur sementara dari panggung...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Setelah 3 tahun berturut-turut tanpa host, Oscars 2022 akan diadakan bersama panduan dari pembawa acara. Acara penghargaan terbesar Hollywood ini akan...