Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Animasi

“Lightyear” Dilarang di Beberapa Negara Karena Konten LGBT

Jakarta, Layar.id Film terbaru Disney, Lightyear, batal tayang di beberapa negara di Timur Tengah karena adegan LGBT. Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mengeluarkan pelarangan untuk pemutaran film tersebut, setelah Disney enggan memotong atau menyensor adegan tersebut.

Timur Tengah

Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Kuwait, melarang pemutaran film animasi Lightyear, demikian laporan dari The Hollywood Reporter. Pelarangan ini karena adegan yang menampilkan ciuman sesama jenis antara karakter wanita Hawthrone (Uzo Aduba) dan pasangan wanitanya.

Sebelumnya adegan itu sempat direncanakan untuk dipotong dari film, tetapi kemudian diaktifkan kembali. Pemulihan video terjadi setelah kontroversi seputar pernyataan karyawan Pixar yang mengatakan Disney telah menyensor ‘kasih sayang gay yang terang-terangan’ dan CEO Disney Bob Chapek, menangani istilah ‘Don’t Say Gay’ Florida.

Lightyear

Kantor Regulasi Media UEA mengumumkan pada 13 Juni, bahwa Lightyear tidak dilisensikan untuk pemutaran publik karena ‘pelanggaran standar konten media negara itu’.

Film yang akan rilis pada 16 Juni tersebut merupakan cerita asal untuk angkasawan fiksi yang muncul di Toy Story, Komandan Buzz. Buzz menemukan dirinya terdampar di sebuah planet berjarak 4,2 juta tahun cahaya dari Bumi. Belum lagi dengan hal-hal yang lebih rumit dengan kedatangan Kaisar Zurg (James Borlin).

Aktor terkenal Chris Evans tampil sebagai pengisi suara Buzz, bersama dengan Keke Palmer, Taika Waititi dan Tim Peake.

Baca : Trailer Perdana “Black Adam” Tuai Reaksi Positif

Pelarangan

Lightyear bukanlah film pertama Disney yang mendapat pelarangan dalam beberapa bulan terakhir. Termasuk Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang dilarang di Arab Saudi dan Mesir. Itu karena pengenalan karakter America Chavez yang diperankan Xochitl Gomez, sesuai dengan penggambarannya dalam komik, sebagai gay.

Begitu pula dengan Eternals yang juga dilarang tayang di beberapa negara karakter Bryan Tyree Henry, Phastos. Ia menjadi pahlawan super gay yang pertama di MCU dan film itu menggambarkan pasangannya dan anak mereka.

Selain itu, film adaptasi Broadway garapan Steven Spielberg berjudul West Side Story juga mengalami hal serupa.  Penayangan fitur ini berhenti di bioskop Arab Saudi, Qatar, Bahrain, Oman dan Kuwait. Keputusan itu karena karakter Anybody yang ditulis sebagai transgender dalam adaptasi baru diperankan oleh aktor non-biner Iris Menas.

Baca : Serial Baymax Siap Tayang 29 Juni di Disney+

Lightyear tiba di layar lebar pada 17 Juni mendatang,

 

 

 

 

 

 

Sumber : www.hollywoodreporter.com, www.gamesradar.com
Foto       : berbagai sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Merayakan ulang tahun ke-100 dari sang legenda, Disney+ baru saja mengumumkan sebuah film dokumenter baru tentang kehidupan Stan Lee yang akan hadir...

Berita Hiburan

Layar.id – Menjelang pergantian tahun, Disney+ bagikan trailer preview untuk beragam judul menarik yang akan hadir di 2023. Tahun depan merupakan waktu yang sangat...

Disney+

Layar.id – Kabarnya, Kate Dickie telah ikut mainkan peran dalam salah satu serial Marvel favorit penggemar, Loki Season 2. Kabar ini muncul setelah produksi...

Drama Korea

Jakarta, Layar.id – Aura romansa yang mekar antara Lee Jun Young dan Hyeri, tampak dalam rilisan poster terbaru untuk drama dengan judul sementara Ildangbaek...