Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Inilah Film-Film Jawara Box Office Di Tiap Bulannya

Last updated on 15 April, 2022

Layar.id Saat ini, rasanya seperti rekor film pecah setiap waktu. Dengan tahun baru yang penuh dengan film-film besar, ini waktu yang tepat untuk mengenal film-film yang saat ini memegang rekor film pendapatan tertinggi untuk setiap bulan dalam setahun. Dari film-film blockbuster baru-baru ini hingga favorit berusia satu dekade, daftar film-film berpenghasilan tinggi untuk setiap bulan menyimpan beberapa kejutan, serta beberapa film yang sulit dibayangkan pernah meledak di box office.

Berapa banyak film yang akan mencoba mendapatkan tempat teratas untuk masing-masing bulan? Ini daftar film  dengan pendapatan terbesar disetiap bulannya.

  • JANUARI

American Sniper (2014) – $ 350,1 juta

Disutradarai oleh Clint Eastwood dan ditulis oleh Jason Hall, drama biografi yang dibintangi Bradley Cooper dan Sienna Miller ini didasarkan pada memoir American Sniper: The Autobiography of the Most Lethal Sniper in U.S. Military History, yang ditulis oleh Chris Kyle. Menggambarkan dampak mengerikan dari perang dan tekanan pasca trauma pada tentara dan keluarga mereka, film ini meledak dibioskop meskipun ada kontroversi atas penggambaran Kyle dan perang di Irak. Film ini mendapatkan pekan opening terbesar yang pernah ada untuk film yang dirilis pada bulan Januari, mendapatkan enam nominasi Academy Award, dan memenangkan kategori Best Sound Editing. Film dengan pendapatan besar yang terdekat dengan American Sniper adalah The Revenant ($ 183,6 juta) dan A Beautiful Mind tahun 2002 ($ 170,7 juta).

  • FEBRUARI

Black Panther (2018) – $ 700 juta

Sebuah film harus banyak menarik kerumunan orang untuk bisa mengalahkan film superhero dari Marvel Comics ini dari singgasananya. Film ini benar-benar berhasil melenyapkan tokoh-tokoh sejarah untuk bulan ini, dengan pemasukan hampir dua kali lipat dari film-film terlaris sebelumnya seperti: The Passion of the Christ ($ 370,2 juta) dan Deadpool 2016 ($ 363 juta). Untuk melengkapi semua ini, Black Panther mendapat pemasukkan lebih dari $ 1 miliar di box office internasional. Dengan diperankan oleh bintang-bintang besar seperti Chadwick Boseman, Michael B. Jordan, Lupita Nyong’o, Danai Gurira, Angela Bassett, dan Forest Whitaker, Black Panther adalah film superhero pertama yang yang dominan menampilkan bintang Afrika-Amerika dan juga menduduki posisi kesembilan sebagai film terlaris sepanjang masa.

  • MARET

Beauty and the Beast (2017) – $ 504 juta

Memegang rekor sebagai pekan opening terbesar di bulan Maret, Beauty and the Beast menjadi film terlaris untuk bulan Maret, film ini merupakan penggambaran ulang ke dalam versi live-action dari animasi, yang merupakan adaptasi dari dongeng abad ke-18 karya Jeanne-Marie Leprince de Beaumont. Film ini dibintangi oleh Emma Watson dan Dan Stevens, bersama dengan pemeran pendukung sepeti Stanley Tucci, Ian McKellen, dan Emma Thompson. Beauty and the Beast menjadi film musim dingin yang sempurna bagi pasangan maupun keluaga, dan akhirnya mampu mengambil tahta dari The Hunger Games 2012 ($ 408 juta) untuk bulan ini. Akan tetapi, film-film Maret 2019 yang akan datang seperti Dumbo dan Captain Marvel, bisa menantang film ini untuk mengambil tahta darinya.

  • APRIL

Avengers: Infinity War (2018) – $ 678,8 juta

 

Bisakah Avengers: Endgame, ditetapkan untuk rilis April 2019 melampaui Infinity War? Film superhero ini menyatukan semua karakter Avengers paling populer, benar-benar memicu persaingan box office, nyaris mampu menggandakan pendapatan total dari film terlaris kedua untuk April, The Jungle Book 2016 ($ 364 juta). Sebagai sekuel langsung, dan balutan MCU seperti yang kita tahu, pecinta Marvek pasti akan berbondong-bondong ke teater untuk menyaksian Avenger: Endgame dan mengetahui bagaimana nasib pahlawan super ini.

  • MEI

Marvel’s The Avengers (2012) – $ 623,3 juta

Sepertinya memang benar dikatakan jika film super hero memang mendominasi box office karena Avengers menjadi satu lagi film Marvel Universe yang memegang rekor sebagai film terlaris di bulan Mei. Film 2012 mencetak pekan opening terbesar dibulan Mei. Sebagai perbandingan, Avengers: Age of Ultron 2015 adalah film terlaris kedua tertinggi dengan rilis Mei sebesar $ 459 juta. Dibutuhkan banyak film untuk bisa menjatuhkan The Avengers dari singasana, tetapi bagaimana dengan John Wick: Chapter 3, Aladdin, Minecraft: The Movie, dan Godzilla: King of Monsters yang bakal tayang dibulan Mei juga? Akan sangat seru untuk dilihat persaingan ini.

  • JUNI

Jurassic World (2015) – $ 652,3 juta

Rekor untuk pekan opening terbesar yang pernah ada untuk Juni juga dipegang oleh Jurassic World, angsuran keempat dari franchise Jurassic Park. Bukan hanya itu, film ini membuktikan bahwa waralaba masih hidup, tetapi juga memperlihatkan bagaimana Chris Pratt, Bryce Dallas Howard, dan Vincent D ‘Onofrio melawan dinosaurus rekayasa genetika yang lebih ganas. Film animasi Incredibles 2 hampir mengambil posisi teratas dari Jurassic World, mampu menghasilkan lebih dari $ 608 juta, tetapi jika ada film yang bakal mengambil alih posisi Jurassic World, mungkin Men in Black International yang bakal memulai debutnya pada Juni 2019.

  • JULI

The Dark Knight (2008) – $ 533,3 juta

Dia meninggal tak lama sebelum film dirilis, tetapi Heath Ledger memberikan penampilan yang menawan sebagai Joker dan membantu membawa film ini sukses dalam box office besaran. Tidak ada film yang mampu mengambil posisi untuk film yang dirilis bulan Juli dalam 10 tahun terakhir sejak The Dark Knight masuk bioskop. Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 (2011) yang memiliki pekan opening tertinggi bulan ini yaitu $ 169.1 juta, tetapi masih belum cukup untuk melampaui film ini. Film ketiga dalam trilogi Batman garapan Christopher Nolan, The Dark Knight Rises, berada di urutan kedua dengan berhasil mendapat pemasukkan sebesar $ 448,1 juta, sementara Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest bertengger di posisi ketiga dengan pemasukan $ 423,3 juta. Film yang bakal dirilis bulan Juli selanjutnya adalah Spider-Man: Far From Home dan The Lion King. Bisakah film tersebut mengambil alih posisi teratas?

  • AGUSTUS

Guardians of the Galaxy (2014) – $ 333,1 juta

Film-film Superhero jelas mendominasi. Yang satu ini, diadaptasi dari tim superhero dengan judul yang sama, dibintangi oleh Chris Pratt, Zoe Saldana, Dave Bautista, Vin Diesel, dan Bradley Cooper sebagai sebuah tim yang tidak biasa bersama dengan sekumpulan karakter kosmik yang dimainkan oleh Michael Rooker, Djimon Hounsou, Glenn Close, dan bintang lainnya. Guardians of the Galaxy menghasilkan uang paling banyak untuk Agustus, tetapi Suicide Squad memiliki pekan opening terlaris tertinggi dengan mampu meraih pemasukkan sebesar $ 133,6 juta. Untuk film berikutnya, anda harus kembali ke tahun 1999 dengan The Sixth Sense, yang mampu meraup pemasukkan sebesar $ 293,5.

  • SEPTEMBER

It (2017) – $ 327,4 juta

It: Chapter 2 rilis pada bulan September 2019. Bisakah sekuelnya lebih baik dari pendahulunya, sebuah film horor supernatural yang diadaptasi dari novel Stephen King? Sepatutnya bahwa film pertama, yang menceritakan sekelompok anak-anak yang diteror oleh Pennywise the Dancing Clown, berlatar tahun 80-an. Film kedua dengan pendapatan tertinggi intuk bulan september adalah Crocodile Dundee 1986 ($ 174,8 juta). Hotel Transylvania berada di urutan ketiga dengan $ 169,7 juta.

  • OKTOBER

Gravity (2013) – $ 274 juta

Orang-orang berduyun-duyun ke bioskop untuk menyaksikan aksi Sandra Bullock dan George Clooney terdampar di ruang angkasa dalam film sci-fi thriller, yang berhasil menerima 10 nominasi Academy Award dan memenangkan tujuh Oscar. Meskipun Gravity menjadi film terlaris di bulan Oktober, Venom yang sebenarnya memiliki peluang dengan mampu meraih opening penayangan tertinggi dengan $ 80,2 juta. Mars ($ 228,4 juta) dan A Star is Born ($ 197,9 juta) juga berhasil di Oktober, tetapi mendekat belum cukup untuk mengambil posisi teratas. Dengan versi animasi dari Addams Family, dan Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix dan Robert De Niro akan dirilis pada Oktober 2019, ini mungkin akan menjadi tahun terakhir bagi Gravity untuk berada dipuncak.

  • NOVEMBER

The Hunger Games: Catching Fire (2013) – $ 424,6 juta

Sebagai angsuran kedua dalam franchise film sci-fi dystopian, The Hunger Games, diadaptasi dari novel karya Suzanne Collins, film yang dibintangi Jennifer Lawrence ini menduduki puncak box office untuk bulan November yang menceritakan kisah Katniss Everdeen dan Peeta Mellark (Josh Hutcherson). Dengan pemeran pendukung bertabur bintang seperti Liam Hemsworth, Elizabeth Banks, Woody Harrelson, Lenny Kravitz, Stanley Tucci, Donald Sutherland, dan almarhum Philip Seymour Hoffman, akan sulit untuk dikalahkan. Tetapi mengingat bahwa Frozen menduduki posisi kedua dengan pendapatan sebesar $ 400,7 juta, Frozen 2, bakal mencuri posisi teratas.

 

  • DESEMBER

Star Wars: The Force Awakens (2015) – $ 936,6 juta

Dengan meraih opening terbesar yang pernah ada untuk bulan Desember, angsuran pertama dari trilogi sekuel Star Wars ini diproduksi, ditulis, dan disutradarai oleh J.J. Abrams dan merupakan angsuran ketujuh secara keseluruhan. Film ini memperkenalkan Adam Driver, Oscar Isaac, Daisy Ridley, dan pendatang baru lainnya kedalam waralaba Star Wars dan juga membawa kembali karakter lama termasuk Harrison Ford, Mark Hamill, dan mendiang Carrie Fisher. Dengan pemasukan hampir $ 1 miliar di box office US, The Force Awaken adalah film paling sukses bagi Disney sepanjang masa di US dan akan sulit untuk mencurinya. Namun, bagaimana dengan Star Wars: Episode IX ?

Baca Juga – Tidak Tanggung-Tanggung ! AVENGER: ENDGAME Bakal Berdurasi 3 Jam

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Indonesia sebagai salah satu negara di Asia Tenggara telah menetapkan pilihan mengirim film Ngeri-Ngeri Sedap di ajang Oscar 2023. Selain Indonesia,...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Dunia perfilman Korea terus menampilkan beberapa film baru yang bisa dinikmati penggemarnya di seluruh dunia. Salah satu film terbaru yang  tayang...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Siapa sih yang tak suka dengan aroma wewangian parfum? Biasanya kekuatan aroma adalah daya tarik bagi banyak orang. Maka bagaimana akhirnya...

Film

Jakarta, Layar.id – Box office pekan ini menunjukkan sedikit peningkatan, meskipun tidak terlalu signifikan. Ini adalah akhir pekan keenam terendah sejak tahun 2000, dengan...