Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Ini Lho 10 Soundtrack Film Indonesia yang Paling Populer

Sebuah film terasa hambar jika tanpa musik. Ibarat sayur yang akan terasa kurang pas bila tanpa garam. Meski soundtrack film berfungsi sebagai penunjang, tetapi keberadaannya sendiri sangatlah penting. Bahkan tak jarang sebuah film masih dikenang karena lagunya yang begitu mengena di sanubari.

Tak heran bila sineas selalu memperhatikan sebuah lagu yang akan digunakan dalam karyanya. Malahan ada yang sengaja menggaet penyayi papan atas demi membuat dan menyayikan soundtrack tersebut.

Dari banyaknya soundtrack film yang dibuat, ada 10 lagu yang paling dikenang dan diperdengarkan hingga saat ini. Penasaran? Yuk, temukan jawabannya!

Bendera

Meski filmnya kurang laku di pasaran, tetapi lagu yang dinyanyikan band Cokelat ini sukses merebut hati penikmat musik Indonesia. Buktinya? Hingga belasan tahun berlalu sejak penayangan film Bendera, lagu ini masih sering diputar dan malah menjadi lagu wajib di acara kemerdekaan atau pun yang berhubungan dengan nasionalisme.

Tak Bisakah

Soundtrack film Alexandria ini dinyanyikan oleh Noah, kala itu masih bernama Peterpan. Lagu ini menjadi salah satu soundtrack yang paling laris di pasaran dengan angka penjualan hingga 1 juta kopi. Maklum saja selain easy listening, Musica Studio’s tak tanggung-tanggung melakukan promosi yang gencar. Bahkan Musica sampai menyiarkan perilisan album tersebut di 6 stasiun televisi secara langsung.

Garuda di Dadaku

Lagu yang dibawakan oleh Netral ini menjadi populer sejak film berjudul sama ditayangkan. Setelah filmnya berlalu, soundtrack ini justu kerap menghiasi acara-acara yang berhubungan dengan olah raga. Bahkan menjadi lagu kebangsaan bagi pecinta sepak bola tanah air.

Dealova

Soundtrack yang dinyanyikan oleh mantan pentolan Dewa, Once ini merupakan ciptaan Opick. Lagunya begitu indah dengan musik yang slow dan mellow, kata-katanya puitis dan mendalam. Sangat menyentuh hati. Tak heran bila soundtrack ini masih sering didengarkan hingga kini.

Ayat-Ayat Cinta

Lagu yang dinyanyikan Rossa untuk soundtrack film religi berjudul sama ini sangat booming sejak penayangan perdana filmnya. Bahkan hingga kini lagu yang diciptakan oleh Melly Goeslaw ini masih enak untuk didengarkan.

Ada Apa Dengan Cinta

Sama dengan filmnya yang masih terus dikenang hingga kini, soundtrack yang dinyanyikan Melly Goeslaw ft Eric ini membuat siapa pun yang mendengarkan seperti kembali masa SMA.

Laskar Pelangi

Lagu yang dinyanyikan oleh Giring Nidji ini bukan hanya enak didengar, tetapi juga memberikan semangat untuk terus maju apa pun yang terjadi dalam hidup. Pantas saja lagu ini mendapatkan penghargaan bergengsi dari Movie Award 2009 sebagai soundtrack film terfavorit.

Lagu Laskar Pelangi juga mendapat penghargaan dari Planet Muzik sebagai lagu terbaik 2009. Tak sampai disitu saja sebab lagu ini pun menggondol 2 penghargaan dari Anugerah Musik Indonesia untuk kategori lagu pop terbaik dan karya produksi terbaik.

Cinta Sejati

Lagu romantis yang dibawakan oleh Bunga Citra Lestari ini masuk dalam jajaran lagu yang hingga kini masih sering didengar. Padahal film Habibie&Ainun sudah lama berlalu. Soundtrack yang menggambarkan tentang kisah cinta sejati ini sukses membuat siapa pun yang mendengarnya baper akut. Malahan tidak sedikit yang berharap memiliki kisah cinta seindah Habibie&Ainun.

Jablay

Lagu yang dinyanyikan oleh Titi Kamal sebagai soundtrack film Mendadak Dangdut ini sangat fenomenal. Bukan hanya lagunya saja yang dikenal luas, tapi juga membuat musik dangdut kembali populer. Bahkan lagu ini sampai dihafal di luar kepala oleh anak-anak. Lagunya juga sering dinyanyikan dalam acara-acara pernikahan atau pun hiburan rakyat lainnya.

My Heart

Soundtrack film My Heart yang dinyanyikan oleh Acha Septriasa dan Irwansyah menjadi salah satu favorit anak muda di tahun 2006 silam. Tidak hanya berhasil menaikkan popularitas filmnya, lagu tersebut juga membuat Acha dan Irwansyah semakin dikenal publik secara luas. Hingga kini My Heart masih sering diputar dan dinyanyikan dalam acara-acara tertentu.

Nah itulah beberapa soundtrack film yang hingga kini masih tetap dikenang dan diputar berulang-ulang meski filmnya sendiri telah lama berlalu. Ada lagu favorit kamu nggak guys? Yang mana nih?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Meski sempat mengalami kelesuan akibat pandemi berkepanjangan, namun kini satu lagi film berkualitas yang bersiap menuju layar lebar Tanah Air. Berjudul...

TV Series

Jakarta, Layar.id – Apple TV+ membuat sebuah drama baru berjudul Pachinko, hasil adaptasi dari novel terkenal karangan Min Jin Lee. Drama yang termasuk judul...

Video

Last updated on 28 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Disney+ kini terjun ke dunia K-drama seperti juga banyak layanan streaming lainnya dengan proyek mendatang...

TV Series

Last updated on 28 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Rick Riordan, penulis seri buku Percy Jackson, memiliki kabar indah untuk para penggemarnya. TV seri...