Connect with us

Hi, what are you looking for?

sinopsis

“Dune” Pimpin Nominasi BAFTA dengan 11 Kategori

dune bafta 11 nominasi

Last updated on 19 Juli, 2022

Layar.id – Dune, film fiksi ilmiah karya Denis Villenueve tampil bersinar dalam nominasi British Academy Film Awards (BAFTA) 2022. Bagaimana tidak, Dune berada pada 11 nominasi sekaligus dalam perayaan ke-75 BAFTA tahun ini.

Layaknya film fiksi ilmiah terkemuka lainnya, Dune merupakan karya adaptasi dari novel legendaris 1965 karya Frank Herbert. Ketika dirilis pada awal tahun 2021, Dune langsung dibanjiri pujian dari para kritikus dan penggemar.

Film ini dibintangi sejumlah artis papan atas, diantaranya Timothee Chalamet, Zendaya, Rebecca Ferguson dan Oscar Isaac. Memerankan tokoh utama sebagai Paul Atreides dalam Dune, Timothee Chalamet tampil memukau hampir tanpa cacat.

Baca juga: Florence Pugh Diundang Bergabung dalam Dune: Part 2

Timothee Chalamet sebagau Paul Atreides

Timothee Chalamet

Diarahkan sutradara Denis Villenueve, Dune ditulis oleh Villenueve bersama Jon Spaihts dan Eric Roth. Ini merupakan adaptasi pertama dari dua part adaptasi novel Frank Herbert. Film ini mengambil latar jauh di masa depan tentang peperangan hebat di planet Arrakis.

Sejumlah situs film terkemuka pun serentak memberi angka fantastis terhadap film ini. Rotten Tomatoes  83%, Metacritic 74% dan IMDb dengan 8,1/10. Sejalan dengan nama membubung di industri film, Legendary Films juga akan merilis versi novel grafis dari Dune.

Baca juga: Update Terbaru “Dune”: Apa Saja Senjata Mereka?

Kisahnya mengikuti Paul Atreides, seorang pemuda brilian dan berbakat yang lahir dalam takdir besar di luar pemahamannya. Ia harus melakukan perjalanan ke planet paling berbahaya di alam semesta untuk memastikan masa depan keluarga dan rakyatnya.

Konflik pecah ketika kekuatan jahat meledak untuk menguasai pasokan eksklusif planet dari sumber daya paling berharga yang ada. Hanya mereka yang dapat menaklukkan ketakutan mereka sendirilah yang dapat bertahan.

Nominasi BAFTA

Adapun 11 nominasi BAFTA di mana Dune mencatatkan namanya adalah sebagai berikut :

  1. Film Terbaik,
  2. Skenario Adaptasi Terbaik,
  3. Sinematografi Terbaik,
  4. Skor Asli Terbaik untuk Hans Zimmer,
  5. Efek Visual Teknis Terbaik,
  6. Desain Produksi Terbaik
  7. Desain Kostum Terbaik
  8. Tata Rambut dan Riasan Terbaik
  9. Sound Terbaik
  10. Editing Terbaik, dan
  11. Visual Efek Terbaik

Dalam daftar nominasi BAFTA, Dune disusul oleh The Power of the Dog karya Jane Campion dengan delapan nominasi. Berikutnya ada Belfast karya Kenneth Branagh dengan enam nominasi. Kemudian ada Licorice Pizza, No Time to Die dan West Side Story dengan masing-masing lima nominasi.

BAFTA tahun ini dipandu oleh Rebel Wilson, yang akan berlangsung pada 13 Maret mendatang di Royal Albert Hall, London. Menarik untuk mengetahui bagaimana hasil akhirnya. Kita tunggu saja, yaa…

 

Sumber : screenrant.com, antaranews.com

Foto      : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Jakarta, Layar.id – Film terbaru Timothee Chalamet, Bones and All, telah merilis teaser trailer pertamanya. Film ini menandai reuni aktor tersebut dengan sutradara Luca...

Film

Jakarta, Layar.id – Kabar baik bagi penggemar karena bagian kedua dari film Denis Villeneuve, Dune, telah resmi diproduksi. Pengumuman ini pertama kali terungkap lewat...

Film

Last updated on 19 Juli, 2022 Jakarta, Layar.id – Film blockbuster yang menampilkan Timothee Chalamet dan Zendaya, Dune, akan segera mendapatkan sekuel. Terkenal dengan...

Aktor/ Aktris

Jakarta, Layar.id Karir Jason Momoa semakin bersinar dengan penampilannya di Stargate, Conan the Barbarian, Game of Thrones, DC Comics, Dune dan The Fast and...