Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Indonesia

Kukira Kau Rumah, Film Indonesia dengan Fakta Menarik

Terakhir diperbarui 19 November, 2022

Layar. id – Seringkali kita mengenal judul ini sebagai lagu. Memang benar, kalimat Kukira Kau Rumah menjadi trending di dunia musik. Nyatanya, masuk dalam kancah layar lebar yang mengangkat cerita tentang kesehatan mental. Karya dari MD Pictures dan Sinemaku Pictures memiliki berbagai fakta unik di dalamnya:

Film yang berasal dari lagu tentang isu kesehatan mental

Secara umum, Kukira Kau Rumah adalah film tentang isu kesehatan mental atau psikologis sehingga lebih fokus mengenai gangguan bipolar. Ada yang berpendapat bahwa gangguan bipolar seringkali disebut dengan manik depresi. Hal ini merupakan kondisi kesehatan mental yang berakibat pada perubahan suasana hati yang begitu cepat mulai dari emosi tinggi seperti mania atau hipomania hingga terendah yaitu depresi.

Tak bisa dipungkiri, jika gangguan kesehatan mental memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan seseorang. Biasanya mereka akan terganggu pada area jam tidur, energi, aktivitas, penilaian, perilaku, dan pikiran jernih. Seperti yang disebut sebelumnya bahwa film ini mengangkat isu kesehatan mental dan mengadaptasi dari lagu  dengan judul dan tema yang sama dari Amigdala.

Film ini menjadi menarik dengan pemeran utama Prilly Latuconsina. Disana, dia mengalami didiagnosa gangguan kesehatan mental bernama post traumatic stres disorder

Film yang Bercerita Tentang Kehidupan masa muda

Sinopsis sederhana dari film Kukira Kau Rumah bercerita tentang kisah  Niskala dan Pram, dua orang anak muda yang yang saling memberi warna. Niskala digambarkan sebagai gadis yang aktif dan melakukan banyak hal bahkan tanpa sepengetahuan ayah seperti berkuliah diam-diam. Dia melakukan ini untuk membuktikan pada ayahnya jika dia dapat berprestasi.

Sayangnya, Niskala memiliki gangguan mental bipolar sehingga dia terkadang mengalami bermasalah dalam  kehidupan sosialnya. Lain halnya dengan Pram, pemuda yang hidup sendiri karena ditinggal oleh ayahnya ketika masih SMP. Itulah yang membuat Pram sering kesepian karena sang ibu sibuk bekerja. Maka dari itu, Pram menghabiskan waktu dengan bermain musik bahkan  menciptakan lagu.

Akhirnya, mereka bertemu membuat Niskala jatuh hati pandangan pertama dengan Pram. Pram dan Niskala menjadi semkain dekat. tapi Pram belum tahu jika Niskala mengidap bipolar. Hanya saja, memang kehidupan mereka berubah bahkan lebih  berwarna.

Pertama kalinya, Prilly Latuconsina dan Umay Shahab Produksi Film.

Bukan hanya dari segi cerita yang menarik, ternyata film Kukira Kau Rumah adalah pertama kalinya Prilly Latuconsina dan Umay Shahab. Faktanya,  Prilly menjadi pemeran utama sekaligus produsernya. Kemudian Umay Shahab yang dulunya adalah aktor cilik yang kini dewasa bukan hanya sebagai aktor tapi berperan sebagai sutradara. Keduanya mengambil proyek ini karena dianggap dekat dengan isu keadaan mereka. Awalnya memang ada perasaan kurang percaya diri, tapi film ini berhasil terselesaikan.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Bagi para pecinta film di Tanah Air, perlu diketahui bahwa Dedy Arliansyah Siregar bersama Lima Sembilan Vision siap mempersemahkan film komedi Indonesia...

Film Indonesia

Layar.id – Siapa sih yang tidak tahu Film Kejar Mimpi Gaspol? Pasti tahu kan? Yaps! Film Kerja Mimpi Gaspol ini berkisah dari seorang single...

Sinopsis

Layar.id – Sinopsis ini diadaptasi dari novel “Sarcophagus Onrust” yang dituli oleh Astryd Diana Savitri. Hadirnya film tersebut sebagai salah satu bentuk pengembangan bisnis...

Netflix

Layar.id – Film Indonesia tidak kalah sukses dari film-film luar. Apalagi Netflix menjadi platform streaming yang banyak diminati oleh penonton. Nah, di awal minggu...