Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Barat

Silence : Sebuah Misi Menelusuri Murtadnya Seorang Pendeta

Silence

Bosan menjalani waktu senggang Anda? Coba tonton film Silence. Film yang dihiasi sederet bintang ternama ini berfokus mengkaji nilai spiritualitas melalui skenario drama sejarah.

Silence merupakan sebuah film adaptasi dari novel karya Shusaku Endo tahun 1966 dengan judul yang sama. Film ini disutradarai oleh pembuat film legendaris Martin Scorsese. Martin Scorsese kabarnya menghabiskan beberapa dekade untuk mendapatkan hak isi cerita novel untuk diproduksi kembali dalam bentuk film layar lebar.

Sama seperti isi novel aslinya, film Silence lebih berfokus mengkaji nilai spiritualitas melalui skenario drama sejarah. Tampaknya sang sutradara Scorsese berusaha mengeksplorasi isu-isu spiritualitas (iman dan keraguan) yang paling eksplisit, sama seperti sebelumnya dalam film The Last Temptation of Christ. Dan Silence boleh dibilang memiliki kemiripan dengan tema film Passley of the Christ yang dibintangi oleh Mel Gibson beberapa tahun yang lalu.

Liam Neeson dalam film Silence

Film Silence ini dibintangi oleh aktor-aktor kawakan ternama, seperti Andrew Garfield, Adam Driver, Liam Neeson, Yosuke Kubozuka dan lainnya. Adapun sinopsis film Silence ini adalah sebagai berikut;

Di Portugis pada abad ke 17, seorang praktisi Yesuit, yakni Pastor Sebastiao Rodrigues (Andrew Garfield) dan Pastor Francisco Garupe (Adam Driver) terkejut ketika suatu hari mereka menerima kabar bahwa mentor mereka, Pastor satu Cristovao Ferreira (Liam Neeson), telah murtad dan meninggalkan kekristenannya lalu pergi ke Jepang. Di Jepang (pada abad 17), masih merupakan sebuah negara di mana agama Katolik dan praktik agama Kristen dilarang.

Adam Driver dan Andrew Garfield dalam film Silence

Pastor Rodrigues dan Garupe pun memutuskan untuk pergi ke Jepang dengan harapan bisa melacak mentor mereka yang murtad, Ferreira. Mereka mencari tahu dan mempelajari kebenaran tentang apa yang terjadi pada  mentor mereka itu, meski diberi peringatan bahwa mereka akan menjadi imam terakhir Yesuit yang dikirim ke sebuah misi di negara Jepang tersebut. Lalu setiba di Jepang, mereka berdua dipandu dalam perjalanannya  oleh Kichijiro (Yosuke Kubozuka), seorang nelayan Jepang yang sering mabuk yang juga mengaku sendiri sebagai seorang Kristen.

Mereka ditugaskan berkhotbah untuk (dan menerima perlindungan dari) sebuah desa yang dihuni oleh pengikut Kristen rahasia. Meskipun kehadiran mereka menarik perhatian para samurai di desa itu, mereka tetap berusaha mencari setiap petunjuk tentang Kekristenan di Jepang. Karena orang-orang Kristen yang rendah hati dan setia di Jepang pada saat itu menanggung segala macam perlakuan yang brutal dan penyiksaan.

Andrew Garfield dan Yosuke Kubozuka

Lalu dalam misi pencarian tersebut, Rodrigues mulai menemukan dirinya tengah diliputi keraguan. Hatinya mengatakan bukan hanya tentang misi yang membawanya ke tanah ini tetapi juga hal lainnya.

Lalu apa yang bakal terjai selanjutnya pada diri Rodrigues beserta dan teman-teman ini? Apakah dia mendapat pencerahan atas semua keraguan dalam dirinya itu? Lalu bagaimana  dengan pandangan temannya atas semua keraguan dalam diri Rodrigues yang dinilai cukup kontroversial dalam wilayah tempat tinggalnya kini? Tentunya Anda menjadi penasaran bukan? Tunggu apa lagi? Saksikan film ini sekarang juga!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Film Barat

Jakarta, Layar.id – The Commuter merupakan film thriller asal Amerika Serikat yang akan tayang pada Minggu, 5 Juni 2022 di Trans TV pukul 21.30...

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Cold Pursuit adalah film aksi thriller yang telah hadir pada 8 Februari 2019 dengan disutrdarai langsung oleh Hans Petter Moland. Film...

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Widows merupakan film thriller pencurian yang hadir pada 16 November 2018 dengan disutradarai Steve McQueen sekaligus penulis skenarionya bersama Gillian Flynn....

Berita Hiburan

Layar.id – Andrew Garfield mengungkapkan keinginan untuk hiatus dari dunia akting. Menjalani proses syuting setiap hari, bahkan terkadang berbulan-bulan di lokasi syuting, serta mengikuti...