Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Asia

Embrace Again Angkat Kisah Lockdown Wuhan, Puncaki Box Office China

embrace again

Jakarta, Layar.id – Tanggal 3 Januari menandai berakhir liburan tahun baru di China. Bioskop di sana juga menyambut pendapatan box office liburan tahun baru terbanyak ketiga tahun ini dengan total 1,007 miliar yuan. Di tahun baru ini, ada deretan film seperti Embrace Again, Another Me, G Strom, dan Lost and Found.

Embrace Again memuncaki box office liburan akhir tahun dengan total 315 juta yuan, diikuti oleh G Strom 223 juta yuan dan Another Me 2.23 yuan. Embrace Again adalah sebuah film karya sutradara Xue Xiao Lu yang tayang pada 31 Desmeber 2021 lalu. Xue Xiao Lu mengumpulkan banyak aktor ternama untuk menceritakan kisah para orang biasa yang berjuang di masa Lockdown Wuhan.

Aktor yang bergabung dalam film ini antara lain Huang Bo, Jia Ling, Zhu Yi Long, Xu Fan, Gao Ya Lin, Estelle Wu, Benz Hui, Zhou Dong Yu, Liu Hao Ran, dan Qiao Xin. Mereka ada yang berperan sebagai kurir, kurir makanan, guru piano, perawat magang, pensiunan dokter, dan lain-lain. Tiap orang memiliki kisah mereka masing-masing di masa khusus ini.

SINOPSIS EMBRACE AGAIN

Pada 23 Januari 2020, Wuhan memutuskan untuk lockdown guna menghentikan penyebaran penyakit Covid-19 yang lebih jauh. Embrace Again mengangkat kisah orang-orang biasa yang terjebak dalam masa khusus ini.

Ada A Yong, seorang kurir yang diperankan oleh Huang Bo. Ia mengumpulkan orang-orang untuk membantu mengirimkan barang-barang yang dibutuhkan oleh tenaga medis di Wuhan. Semua hanya untuk mendapatkan sebuah ucapan “terima kasih.”

Karena sifatnya yang ramah dan siap membantu, A Yong adalah pahlawan di mata anak laki-lakinya. Hanya di pandangan istrinya, keputusan ini justru membuatnya khawatir bahkan marah sampai memblokir kontaknya. Di depan orang-orang, A Yong berkata tidak takut dengan istrinya yang marah.

Namun setiap malam, ia pasti akan berdiri di bawah jendela rumahnya dan melihat keluarganya. Istrinya pun di akhir cerita juga diam-diam memberikan hadiah spesial kepadanya.

Baca juga: The Fallen Bridge: Mayat yang Tersembunyi di Jembatan

Wu Ge juga seorang kurir, diperankan oleh Jia Ling. Ia bisa dibilang adalah orang egois yang berbuat semuanya hanya untuk menghidupi dirinya dan anaknya. Jadi saat A Yong mengumpulkan kurir menjadi relawan, ia menolak. Namun dalam kesempatan, ia bertemu dengan Ye Zi Yang, seorang guru musik di sekolah.

Melihat Ye Zi Yang yang terus berusaha mendukung anak-anak dengan kelas musik online, lama-lama hati Wu Ge tergerak. Ia juga mulai memiliki rasa dengan guru yang penuh jiwa seni ini.

Ada pula pasangan yang sudah lama menikah, Liu Ya Lan (Xu Fan) dan Li Hong Yu (Gao Ya Lin). Di masa khusus ini, mereka berhasil melewati masa pernikahan yang sulit dan menemukan makna hidup yang baru. Xie Yong Qin (Estelle Wu) juga mengharukan banyak orang karena keluar dari masa pensiunnya sebagai dokter dan ikut membantu di garis terdepan.

Tentunya masih ada banyak tokoh lain yang mungkin tidak banyak scene atau cerita tetapi juga menyumbangkan makna keberanian dan cinta di masa sulit.

BUKAN FILM PERTAMA

76 days

Ini bukanlah film pertama yang mengangkat kisah lockdown Wuhan. Pada 9 Juli 2021, sebuah film berjudul Chinese Doctor menceritakan bagaimana para dokter di Wuhan berjuang di garis terdepan. Film ini disutradarai oleh Liu Wei Qiang dengan Zhang Han Yu, Yuan Quan, Li Chen, dan Zhu Ya Wen sebgaai tokoh utamanya.

Ada pula drama With You yang mengangkat kisah orang0orang pejuang pandemi dari berbagai sisi. Mulai dari petugas medis, dokter militer, kurir, relawan pengantar barang, penduduk biasa, pekerja konstruksi, komunitas, hingga anggota penjaga keamanan. Drama berdasarkan kisah nyata ini terbagi dalam kisah-kisah tersendiri tiap 2 episode. Sebanyak 20 episode diputar dari September hingga Oktober 2020.

Tidak hanya karya ulang, sebuah dokumenter yang dibuat oleh Hao Wu juga merekam langsung bagaimana orang-orang Wuhan berjuang dengan cara mereka sendiri. Berjudul 76 Days, dokumenter ini menayangkan kisah nyata di Wuhan.

 

Sumber: MyDramaList, Baidu, The Paper, Ease Net, Sohu
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Asia

Jakarta, layar.id–  Zero to Hero film berasal dari Hongkong tayang  di Netflix sejak tahun 2021. Film ini diadaptasi dari kisah nyata karya  sutradara Chi...

Berita Hiburan

Last updated on 26 April, 2022 Jakarta, Layar.id – Film-film berdasarkan kisah nyata sering menjadi bahan yang menarik untuk digarap. Umumnya, kisah hidup orang-orang...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Hari Kanker Anak Sedunia 2022 diperingati pada hari ini, 15 Februari 2022. Hari bertema kesehatan ini umumnya diperingati pada minggu ketiga...

Film Jepang

Last updated on 15 Maret, 2022 Jakarta, Layar.id – Kisah Hachiko sudah dikenal banyak orang hingga keluar Jepang. bahkan untuk mengingat si anjing berjenis...