Connect with us

Hi, what are you looking for?

Entertainment

Mahakarya Benyamin Sueb Di Dunia Film

Benyamin Sueb
Benyamin Sueb

Layar.id – Sebagai salah satu ikon seni peran Indonesia, Benyamin Sueb jelas adalah legenda yang sulit digantikan.

Tidak hanya dalam dunia komedi, sosoknya merupakan seorang seniman dengan bakat di berbagai bidang dan kemampuan menghibur yang sulit orang lain samakan. Bahkan, Rolling Stone Indonesia menyebut Benyamin sebagai salah satu dari 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa.

Lahir di Jakarta pada tahun 1939, Benyamin mulanya bergabung ke grup vokal Naga Mustika.

Grup inilah yang kemudian mengantarkan nama sang seniman menjadi salah satu yang terpopuler di Indonesia.

Di grup yang sama, ia juga bertemu dengan Ida Royani. Pertemuan keduanya merupakan awal dari salah satu duet musisi yang terpopuler saat itu.

Pada tahun 1990, Benyamin mendirikan sebuah radio yang diberi nama bens Radio. Stasiun tersebut merupakan unit dari Enikom Network dengan format radio etnik, yaitu radio yang menggali potensi budaya Betawi. Ini bertujuan agar pendengar dapat merasakan budaya, tradisi, serta bertutur dan berdialog dengan bahasanya sendiri.

Baca juga: Film Seru Tentang Tokoh Politik Indonesia

Pengaruh sang seniman di industri kreatif Indonesia masih sangat terasa. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun ia juga memiliki banyak pengaruh. Di tempat asalnya yaitu Kemayoran, ada nama jalan yang kini diberi nama berdasarkan namanya.

5 Film Benyamin Sueb Paling Terkenal

Selain di dunia tarik suara, Benyamin Sueb juga meninggalkan beberapa karya berbentuk film. Berikut ini beberapa film yang ia perankan dan cukup terkenal hingga saat ini.

1. Benyamin Biang Kerok

Benyamin Biang Kerok

Benyamin Biang Kerok

Film ini menceritakan tentang Pengki (Benyamin) yang selalu mengerjai majikannya, istrinya dan mertuanya. Dengan licik ia menjual bensin mobil, berlagak jadi tuan besar dengan mobil tuannya dan merayu gadis-gadis cantik. Ia selalu lolos dari ulahnya yang merugikan orang lain itu.

Kegagalannya hadir ketika dua gadis cantik yang dikencaninya sama-sama datang ke rumah majikannya yang diaku sebagai rumahnya sendiri. Tamatlah riwayatnya sebagai sopir. Ia dipecat, meski tatap sambil mengejek.

Sutradara: Nawi Ismail

Pemeran: Benyamin Sueb, Ida Royani, A. Hamid Arief, Ellya Khadam, Connie Sutedja

 

2. Biang Kerok Beruntung

Biang Kerok Beruntung

Ini merupakan sekuel dari film Benyamin Biang Kerok. Pasca kehilangan pekerjaannya, Pengki sempat hidup luntang-lantung. Ia kemudian mendapat keberuntungan dengan bekerja sebagai pembantu peramal Wan Bakar. Pada waktu mantan majikannya nyaris bangkrut, bertemulah dengan Pengki yang menyamar sebagai peramal Wan Bakar dan memberikan jalan keluarnya.

Cara Pengki yang licik akhirnya menjadi duri dalam daging bagi Wan Bakar yang kemudian mengusir Pengki dengan cara mengawinkan dengan gadis idamannya.

Sutradara: Nawi Ismail

Pemeran: Benyamin Sueb, Ida Royani, A. Hamid Arief, Ellya Khadam, Connie Sutedja, Eddy Gombloh

 

3. Intan Berduri

Intan Berduri

Intan Berduri

Sebuah keluarga miskin, Jamal (Benyamin), istrinya Saleha (Rima Melati) dan anaknya, yang hidup dari menangkap ikan di sungai dengan bubu, tiba-tiba mendapat intan di bubunya. Seluruh desa geger. Polisi dan seorang pengacara, Max Syad SH (Farouk Afero) datang untuk mengamankan intan itu.

Sang pengacara pun mengatur hidup mereka hingga bisa menjadi kaya raya. Sampai akhirnya ketahuan bahwa intan itu masih terlalu muda untuk dibentuk, hingga suami-istri tadi kembali miskin. Kelucuan dan sindiran halus tampil dengan manis.

Sutradara: Turino Djunaidy

Pemeran: Benyamin Sueb, Rima Melati, Farouk Afero, Mansjur Sjah, Rachmat Kartolo, Yati Octavia

 

4. Tarsan Kota

Cuplikan film Tarsan Kota

Cuplikan film Tarsan Kota

Ida (Ida Royani), ayahnya, dan Kamdi berburu di hutan. Saat berburu harimau, Ida ditinggal ayahnya dan Kamdi. Saat gagal dan kembali ke tenda ternyata Ida menghilang. Ayah Ida dan Kamdi berkesimpulan bahwa Ida telah menjadi korban dari harimau. Padahal, Tarsan (Benyamin) berhasil menyelamatkan Ida. Beberapa hari kemudian Ida kembali ke kota dan mengajak Tarsan turut serta.

Di kota, Tarsan tinggal di rumah Ida dan belajar membaca dan menulis. Tarsan juga bergaul dengan anak-anak nakal teman Ida tanpa sepengetahuan Ida dan keluarganya. Cerita petualangan Tarsan di kota pun bermula dari situ.

Sutradara: Lilik Sudjio

Pemeran: Benyamin Sueb, Ida Royani, S. Kamdi, Eddy Gombloh, Slamet Harto

Baca juga: 4 Film Indonesia Hasil Remake Yang Wajib Anda Tonton

 

5. Samson Betawi

Cuplikan film Samson Betawi

Cuplikan film Samson Betawi

Samson (Benyamin) lahir setelah 13 bulan dalam kandungan ibunya (Mak Wok). Sebelum lahir, ia mendapat ramalan Mas Sastro (Eddy Gombloh) bahwa anak pak Hamid (A. Hamid Arief) ini akan memiliki kekuatan besar. Namun, bila bulu ketiaknya dicukur maka kekuatannya akan hilang. Berbagai kekacauan ia buat sebelum akhirnya pada usia 17 tahun Samson bertekad ke kota untuk mencari pekerjaan.

Di kota ia bertemu Siti Duile (Yatni Ardi) dan menyelamatkannya saat tertabrak mobil. Setelah seorang promotor melihat aksinya tersebut dan memulai karirnya di dunia pertarungan, barulah konflik dalam film tersebut bermula.

Sutradara: Nawi Ismail

Pemeran: Benyamin Sueb, A. Hamid Arief, Mak Wok, Eddy Gombloh, Yatni Ardi

 

Sumber: Berbagai sumber

Foto: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Indonesia

Terakhir diperbarui 11 Mei, 2022 Jakarta, Layar.id- Disney+ Hotstar resmi hadir di Indonesia menayangkan 300 lebih judul film Indonesia. Layanan streaming tersebut tidak hanya...

Film Indonesia

Terakhir diperbarui 3 Juni, 2022 Pengki adalah seorang supir pribadi yang diam-diam berlagak kaya dengan harta majikannya dan memanfaatkannya untuk mendekati banyak wanita. Namun...

Film Indonesia

Terakhir diperbarui 3 Juni, 2022 Film legendaris Benyamin Biang Kerok yang pernah ditayangkan pada tahun 1972 akan diremake oleh Falcon Pictures dengan cerita kekinian....