Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

ORANG KAYA BARU – Pengalaman Masa Kecil Sang Penulis Skenario

ORANG KAYA BARU - Pengalaman Masa Kecil Sang Penulis Skenario

Terakhir diperbarui 15 Juni, 2022

MENGANGKAT FENOMENA YANG ADA DI INDONESIA, ORANG KAYA BARU JUGA BERANGKAT DARI PENGALAMAN MASA KECIL SANG PENULIS SKENARIO.

Jakarta, Layar.id – Orang Kaya Baru adalah film Indonesia yang akan turut meramaikan perfilman di bioskop Tanah Air 2019 mendatang.

Sebuah film dengan mengangkat cerita keluarga berbalut komedi tentu akan menjadi sajian pembuka tahun baru yang manis.

Orang Kaya Baru (OKB), film dengan naskah dari Joko Anwar ini menilik fenomena keluarga yang terjadi di Indonesia.

Dalam film arahan sutradara Ody C. Harahap, dengan naskah yang ditulis Joko Anwar ini juga melibatkan aktor kaliber atas seperti Lukman Sardi.

Film ini diproduksi di bawah bendera Screenplay Films bersama Legacy Pictures.

PLOT CERITA

ORANG KAYA BARU - Pengalaman Masa Kecil Sang Penulis Skenario

Orang Kaya Baru berkisah tentang keluarga yang menjadi kaya mendadak.

Keluarga ini awalnya menjalani kehidupan sehari-hari dengan serba pas-pasan.

Ketika sang ayah meninggal dunia, baru diketahui bahwa ayahnya adalah orang kaya raya dan mewariskan hartanya pada keluarganya.

Sejak saat itu, istri dan anak-anaknya menjadi orang kaya mendadak.

Hidup mereka berubah, termasuk keharmonisan keluarga yang merenggang setelah mereka berlimpah harta.

Seperti kata bapak dalam cuplikan trailer. “Duit kalau sedikit cukup, kalau banyak enggak cukup,” tutur sang bapak.

Situasi OKB tampak lazim dan kerap terjadi di Indonesia. Namun, film ini memberi bumbu hiperbola yang membuatnya tampak menarik.

Orang Kaya Baru dijadwalkan rilis di bioskop 24 Januari 2019.

PARA PEMERAN

ORANG KAYA BARU - Pengalaman Masa Kecil Sang Penulis Skenario

Selain melibatkan aktor Lukman Sardi, film Orang Kaya Baru ini juga turut dibintangi Raline Shah, Cut Mini, Derby Romero, Fatih Unru, dan Refal Hady.

Terlibat dalam film ini, aktor senior Lukman Sardi memuji kepiawaian Joko dalam menuliskan naskah tentang bapak dan anak dalam keluarga.

“Joko paham dengan hubungan bapak anak dengan situasi yang ada.”

“Joko Membuat karakter bapak di sini sangat menarik, meskipun dalam keadaan susah, makan seadanya tetapi sang bapak selalu happy. Di balik itu semua bapak sudah mempersiapkan segalanya,” kata Lukman di Jakarta.

Sedangkan bagi Raline Shah, aktris berusia 33 tahun ini mengaku sudah lama ingin bermain dalam film bergenre komedi.

Akhirnya, buat pertama kalinya, Raline bermain dalam film Orang Kaya Baru yang bergenre komedi.

ORANG KAYA BARU - Pengalaman Masa Kecil Sang Penulis Skenario

“Ini memang impian gue dari dulu bermain dalam film komedi. Gue penggemar aktor seperti Jim Carrey dan Robin Williams.”

“Gue juga film-film Hollywood komedia kayak Home Alone, Mrs. Doubtfire, The Mask. Jadi ini memang cita-cita lama gue pengen main dalam film komedi,” ujar Raline.

Raline juga mengaku bahwa alasan dia ingin bermain dalam film ini adalah memuat pesan moral di dalamnya.

“Gue rasa film Orang Kaya Baru bukan hanya sekadar film komedi yang bikin orang ketawa, tapi ada pesan moral yang besar.”

“Film ini ngasih pesan moral bahwa uang enggak seharusnya merubah karakter seseorang.”

“Makanya, gue mengambil film ini karena gue selalu mencoba mengambil film dengan karakter yang bisa bikin orang berpikir tentang pesan moral yang ada di film itu.” jelas Raline.

PENGALAMAN PENULIS NASKAH

ORANG KAYA BARU - Pengalaman Masa Kecil Sang Penulis Skenario

Dalam trailer yang diunggah, tampak gambaran kehidupan keluarga yang sederhana. Terdiri dari bapak, ibu, dan tiga anak.

Tampak dalam trailer, aktris Cut Mini yang berperan sebagai ibu diketahui beradu akting dengan Lukman Sardi (bapak), Raline Shah (Tika), Derby Romero (Duta), dan Fatih Unru (Dody).

Kehidupan mereka yang super kocak dan penuh kenorakan pun nampak terlihat dalam trailer berdurasi 2 menit 11 detik tersebut.

Sebagai penulis skenario dalam film ini, sutradara Pengabdi Setan, Joko Anwar mengungkap bahwa Orang Kaya Baru merupakan kisah nyata dari kehidupan masa kecilnya.

Bahkan ia mengungkapkan bahwa perjuangan bertahan hidup yang dilakukan Lukman Sardi dalam film tersebut, sempat dialaminya saat berada di Medan.

“Kalau skenarionya sendiri sudah dari tahun lalu ya, tapi sebenarnya bagian besar ceritanya adalah kisah nyata dari saya dulu tinggal di Medan,” ungkap Joko Anwar saat ditemui di perilisan poster dan trailer film Orang Kaya Baru.

ORANG KAYA BARU - Pengalaman Masa Kecil Sang Penulis Skenario

“Keluarga saya sangat sederhana, bisa di bilang miskin, dan mencoba bertahan hidupnya, ya sama halnya seperti di film ini,” sambungnya.

Pria 42 tahun ini mengaku bahwa peran Fatih Unru sebagai Dody dalam film Orang Kaya Baru merupakan cerminan masa kecilnya.

Cuplikan scene ketika Unru berendam di dalam bak mandi, bahkan sempat dilakukan Joko Anwar kala mengkhayal memiliki bathub di rumah.

“Gue dulu kecil kayak Fatih Unru. Beberapa hal kayak sering mandi di bak, gue kira itu bathtub, terus.. ya kayak gitu. Kalau kalian tonton bisa keliatan karakternya seperti apa,” ujarnya.

Penasaran dengan akting Raline Shah dan keseruan kehidupan keluarga Orang Kaya Baru?

Tunggu jadwal tayang film Orang Kaya Baru di bioskop Indonesia, pada 24 Januari 2019 mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Indonesia

Layar.id – Tahun 2024 menjadi tahun yang menakutkan bagi para pecinta film Indonesia. Pasalnya, industri perfilman Tanah Air siap menyuguhkan beragam film horor yang...

Aktor/ Aktris

Layar.id – Setelah berhasil menggebrak perfilman Indonesia pada 2019 lalu, film Dua Garis Biru garapan Gina S. Noer resmi memproduksi sekuel berjudul Dua Hati...

Jadwal Tayang

Layar.id – Web series Harus Kawin tayang perdana pada 5 Januari 2024. Episode baru Harus Kawin tayang setiap hari Kamis dan Jumat di WeTV pukul 18.00 WIB....

Sinopsis

Layar.id – Bagi kamu pecinta film komedi horror, film berjudul Geng Sakau Vs Hantu Ting Tong bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu tonton...