Connect with us

TV Series

Inilah! Daftar 5 Dokumenter Seru di Netflix

Ada alasan yang sangat jelas mengapa film dokumenter cenderung kurang disenangi. Satu yang paling kuat adalah karena film dokumenter terkesan membosankan. Itu memang benar adanya, mengingat genre dokumenter memiliki pesan yang lebih kuat dibanding film fiksi atau film fitur lainnya, namun di saat yang bersamaan harus menampilkan fakta yang sebenarnya. Untungnya itu tak selalu begitu. Seiring perkembangan zaman, kreativitas para sineas juga semakin liar. Sekarang sangat mudah ditemukan film dokumenter yang memiliki kisah yang unik dan cara penyampaian yang menarik. Beberapa di antaranya bisa ditemukan di Netflix. Berikut lima dokumenter seru yang bisa ditonton di Netflix.

Tiger King

Ini adalah salah satu dokumenter paling populer dari Netflix berkat budaya meme yang menjajah internet. Terlepas dari meme yang lucu dan konyol, dokumenter karya duo sutradara Eric Goode and Rebecca Chaiklin ini bercerita tentang pria nyentrik bernama Joe Exotic yang memiliki kebun binatang khusus kucing besar di Oklahoma. Dokumenter ini lebih seru dari cerita fiksi karena mengungkap fakta menarik di balik Joe Exotic yang ternyata ada kaitannya dengan persenjataan, kebohongan, politik, dan sebagainya.

Miss Americana

Dokumenter yang disutradarai oleh Lana Wilson ini bercerita tentang Taylor Swift dan lagu-lagunya, serta bagaimana proses penerimaan diri dari penyanyi bermata tajam ini. Dokumenter ini menarik karena memperlihatkan sisi kemanusiaan dari seorang Taylor Swift yang di saat bersamaan adalah salah satu orang paling terkenal di dunia, di mana orang mengenal namanya, namun tidak siapa dirinya.

Abducted in Plain Sight

Ini adalah dokumenter kriminalitas yang benar-benar lebih aneh daripada fiksi. Dokumenter karya sutradara Skye Borgman ini bererita tentang penculikan yang dialami Jan, bukan cuma sekali, melainkan dua kali oleh orang yang sama yang ternyata adalah tetangganya. Dokumenter ini akan menuangkan fakta mencengangkan yang merupakan mimpi terburuk semua orang tua.

Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes

Dokumenter ini membahas tentang rekaman video dari Ted Bundy, pembunuh berantai yang telah menghabisi nyawa 30 wanita. Dalam rekaman sebelum Ted Bundy dieksekusi, pria ini berbicara tentang pembunuhannya dengan menggunakan kata ganti pertama jamak, seolah dia yang membunuh tidak sama dengan dia yang sedang berbicara. Wawancara dengan orang-orang yang pernah berinteraksi langsung dengan Ted Bundy membuat dokumenter karya Joe Berlinger ini semakin berisi.

Amanda Knox

Amanda Knox adalah perempuan berkebangsaan Amerika yang harus menginap di penjara Italia selama empat tahun karena dituduh membunuh teman sekamarnya. Pada akhirnya, terbukti bahwa seorang pencuri yang telah membunuh temannya, bukan Amanda Knox. Dokumenter ini menarik karena bukan hanya tentang kriminalitas namun dokumenter karya Rod Blackhurst and Brian McGinn ini memperlihatkan bagaiman tidak adilnya media terasa benar-benar misoginis dalam memberitakan Amanda Knox dan persepsi masyarakat tentang perempuan dan seks yang begitu tidak adil.

Ada banyak lagi sebenarnya dokumenter menarik, tidak hanya di Netflix namun di media lainnya. Namun lima di atas rasanya benar-benar patut ditonton bukan hanya sebagai hiburan tapi juga sebagai jendela tentang seperti apa dunia kita sebenarnya, walau tak semuanya begitu. [cel/ech]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Kritikan dan Pujian Film “Emily In Paris”

TV

Jefri Nichol Hadir Kembali dalam Film Romantis “Seperti Hujan yang Turun ke Bumi”

Film

Film-Film Serta Serial Baru yang Akan Hadir di Netflix Bulan Oktober 2020

TV

Joey King dan McG Kembali Berkolaborasi dengan Netflix dalam Film Adaptasi Novel “Uglies”

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup