Film

Simak! Lima Film Indonesia Yang Popular Dan Raih Penghargaan Di Manca Negara

Simak! Lima Film Indonesia Yang Popular Dan Raih Penghargaan Di Manca Negara
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

FILM INDONESIA BANYAK YANG KEREN. TERBUKTI LIMA FILM INDONESIA INI POPULAR DAN RAIH PENGHARGAAN DI MANCA NEGARA. 

Jakarta, Layar.id – Suka nonton film Indonesia? Simak! Lima film Indonesia yang popular dan raih penghargaan di manca negara. Apalagi jika film itu dibintangi oleh aktor dan aktris idolanya, tentu siap-siap menjadi yang pertama antri tiket di bioskop. Berikut ini .

Dunia perfilman di tanah air, terus berkembang dan jauh lebih produktif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan film hasil Indonesia tidak kalah keren dibandingkan film manca.

MULAI BANGKIT

Awal tahun 1999 menjadi awal kebangkitan dunia perfilman di Indonesia, setelah sempat mengalami mati suri. Para insan perfilman menggali kreativitas dengan dukungan kemajuan teknologi .

Suatu kebanggaan, jika film-film buatan Indonesia mendapatkan apresiasi di negeri sendiri maupun internasional.

Memang membutuhkan kerja keras. Tidak hanya tenaga dan waktu, tetapi juga biaya dan tekad yang tinggi. Jerih payah para sineas tanah air, tak jarang yang akhirnya membuahkan hasil. Berbagai penghargaan di ajang festival film internasional maupun dalam negeri bisa diraih.

Di Indonesia ada berbagai ajang apresia terhadap dunia perfilman. Contohnya saja Festival Film Indonesia (FFI), Indonesian Movie Actors Awards, Piala Maya, Festival Film Bandung. Kemudian ada juga Festival Film Dokumenter dan Jakarta International Film Festival. Ajang penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi bangsa Indonesia terhadap industri perfilman di tanah air.

DAFTAR FILM

Beberapa film dengan berbagai genre ini berhasil mendunia. Meski, kadangkala ada film yang redup di negeri sendiri, tapi sukses di kancah internasional.

Simak kelima film tersebut disini:

1. Pasir Berbisik (2001)

Simak! Lima Film Indonesia Yang Popular Dan Raih Penghargaan Di Manca Negara
Film ini diperankan oleh dua aktris beken Indonesia, yaitu Dian Sastro Wardoyo dan artis senior Christine Hakim.

Meraih Best Cinematography Award. Best Sound Award dan Jury’s Special Award for Most Promising Director di Festival Film Asia Pacific 2001.  Artis Wanita Terbaik di Festival Film Antar Bangsa Singapura ke-15 dan Festival Film Asiatique Deauville 2002.

2. Siti (2014)

Simak! Lima Film Indonesia Yang Popular Dan Raih Penghargaan Di Manca Negara
Film ‘Siti’ menceritakan tentang Siti seorang pemandu karaoke di daerah pesisir Yogyakarta. Ia harus berjuang untuk menghidupi keluarganya.

Meraih predikat Film Terbaik di Festival Film Indonesia 2015. Di luar negeri, meraih penghargaan dari Shanghai Internasional Film Festival kategori ‘Best Cinematography’ dan ‘Best Screenplay.’

3. Rumah Dara (2009)

Simak! Lima Film Indonesia Yang Popular Dan Raih Penghargaan Di Manca Negara
Film ini mengusung genre horror, yang dirilis tahun 2009. Ditayangkan di sejumlah wilayah di Eropa dan Amerika Serikat. Pertama kali tayang secara resmi di Singapura.

Judul Internasional ‘Macabre.’ Meraih penghargaan Aktris Terbaik yaitu Shareefa Daanish, di ajang Independent Film Award.

4. Laskar Pelangi (2008)

Simak! Lima Film Indonesia Yang Popular Dan Raih Penghargaan Di Manca Negara
Laskar pelangi adalah film yang diangkat dari novel fenomenal karya Andrea Hirata. Mengisahkan tentang kehidupan dan perjuangan 10 anak di Pulau Belitung.

Film ini sukses di Festival Film Internasional Fukuoka tahun 2009. Meraih penghargaan dari The Golden Butterfly Award. Kategori film terbaik, di International Festival of Film for Children and Young Adults di Iran.

Nominasi Best Editor di Asian Film Festival 2009 di Hongkong. Diputar di Barcelona Asian Film Festival Spanyol 2009, Singapore Internasional Film Festival 2009. Lalu, 11th Udine Far East Film Festival di Italia, lalu Los Angeles Asia Pacific Film Festival 2009 US.

5. Modus Anomali (2012)

Simak! Lima Film Indonesia Yang Popular Dan Raih Penghargaan Di Manca Negara
Film genre thriller ini memiliki judul internasional ‘Ritual.’ Menceritakan seorang laki-laki yang memiliki masalah dengan kejiwaannya. Ia tersesat di hutan dan terjebak dengan berbagai hal yang sulit ia mengerti.

Dibintangi sederet artis ternama seperti Rio Dewanto, Marsha Timothy, dan Hanna Al-Rasyid. Film ini meraih penghargaan di ajang Bucheon Award di Korea Selatan.

MINIM SAMBUTAN

Lima film di atas secara tidak langsung menunjukkan bahwa kualitas itu kadang tak sejalan dengan kuantitas. Itu sebabnya, kadangkala film-film ini meraih sukses justru di manca negara, tetapi tidak di tanah air.

Ada beberapa film di atas yang minim sambutan penonton Indonesia, tetapi disambut meriah di kancah dunia. Alhasil film yang diputar di bioskop pun sepi pengunjung. Nah..,sepertinya hal seperti ini yang perlu menjadi perhatian para sineas di Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia, tentu ini adalah prestasi yang membanggakan. Sudah selayaknya prestasi ini dipertahankan. Setuju?!

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top