Berita Hiburan

Hot News : Kategori Baru Untuk Penghargaan Piala Oscar

Hot News : Kategori Baru Untuk Penghargaan Piala Oscar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

ACARA PENYERAHAN PIALA OSCAR SELALU MENARIK UNTUK DISIMAK. KABAR TERBARUNYA PIALA OSCAR MENAMBAH KATEGORI BARU.

Jakarta, Layar.id – Academy Awards diberikan kepada insan yang berprestasi di dunia perfilman US. Ajang ini berada dalam pengawasan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Kali ini, AMPAS memberikan pengumuman tentang kategori baru untuk penghargaan piala Osca.

Academy Awards atau Oscar sering dijadikan tolok ukur bagi insan di dunia perfilman. Academy Awards, digelar pertama kali pada 16 Mei 1928.

Academy Award sering disebut juga sebagai piala Oscar. Yaitu penghargaan film Amerika untuk menghargai karya-karya di dunia industri film.

Berbagai macam pemenang diberikan penghargaan berupa sebuah salinan patung oleh Academy Award of Merit. Piala ini yang kemudian lebih dikenal dengan Oscar. Penghargaan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1929 di Hotel Hollywood Roosevelt.

Upacara penghargaan ini pertama kali ditayangkan di televisi pada tahun 1953. Hingga sekarang telah disiarkan secara langsung di lebih dari 200 negara.

JENIS PENGHARGAAN

Piala Oscar adalah upacara penghargaan paling tua. Selain itu ada juga Emmy Award yang merupakan penghargaan untuk acara televisi. Lalu, ada Tony Award yaitu penghargaan untuk dunia Teater. Sedangkan Grammy Award adalah penghargaan untuk  dunia industri musik.

Penghargaan Academy Awards ke-86 diselenggarakan pada 2 Maret 2014, di gedung Dolby Theatre, Los Angeles.

Dalam sejarahnya penghargaan ini selalu diberikan setiap tiga bulan setelah memasuki tahun baru. Hal ini bertujuan untuk menghormati prestasi dan karya dalam industri film di tahun sebelumnya.

Contonya, 12 Years a Slave dianugerahi Best Picture di tahun 2013, meski penghargaan Oscar diselenggarakan di tahun 2014.

PENGUMUMAN BARU

Baru-baru ini, Academy Awards membuat sebuah pengumuman. Seperti informasi yang disampaikan melalui akun resmi Twitter @TheAcademy.

Hot News : Kategori Baru Untuk Penghargaan Piala Oscar

Mereka mengumumkan tentang tiga hal perubahan dalam ajang Oscar. Perubahan-perubahan yang terjadi itu meliputi beberapa hal.

Hal yang pertama adalah tentang diperkenalkannya kategori baru yaitu Film Populer. Mengenai syarat kelayakan film masuk nominasi Film Populer, belum disampaikan.

Untuk hal yang kedua, mereka menetapkan tanggal 9 Februari 2020 sebagai ajang gelaran Oscar ke-92. Sedangkan untuk Piala Oscar ke-91 akan dilaksanakan pada Minggu, 24 Februari 2019.

Pengumuman yang ketiga, adalah durasi siaran langsung diubah menjadi 3 jam. Perubahan ini diharapkan ajang penghargaan Oscar dapat lebih mudah diakses secara global.

Sebagaimana dilansir Reuters, bahwa tahun ini para pemirsa televisi AS membutuhkan hampir empat jam untuk melihat acara Piala Oscar 2018.

Ajang Piala Oscar 2018 kali ini hanya dilihat oleh 26,5 juta pemirsa. Jumlah tersebut termasuk angka yang sangat kecil dalam sejarah Academy Awards selama 90 tahun.

Perubahan durasi siaran ajang Oscar menjadi 3 jam ini pun disampaikan Presiden The Academy John Bailey dan CEO The Academy Dawn Hudson.

Seperti yang disampaikan dalam keterangan resminya, “Kami berkomitmen untuk menghasilkan pertunjukkan yang menghibur dalam tiga jam.” “Hal itu akan memberikan akses yang lebih mudah kepada pemirsa di seluruh dunia pada acara penghargaan Oscar.” Demikian yang disampaikan sebagaimana dikutip oleh Vanity Fair.

Meski hanya tiga perubahan yang disampaikan, namun ini adalah perubahan terbesar dalam sejarah Oscar Awards selama ini.

KRITIK

Meskipun menjadi salah satu ajang bergengsi di US, namun Oscar atau Academy Awards tak lepas dari kritik.

Salah satunya adalah mendapatkan kritik #OscarSoWhite. Karena kritik ini, maka Academy Awards berusaha menambahkan anggota perempuan dan minoritasnya di tahun 2020 nanti.

Di tahun 2009, Academy Awards telah menambah jumlah nominasi untuk kategori gambar terbaik dari lima menjadi sepuluh. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membuka kesempatan lebih banyak bagi peserta untuk berkompetisi.

FAKTA UNIK

Hot News : Kategori Baru Untuk Penghargaan Piala Oscar

Ada banyak hal yang layak diketahui dalam penyelenggaraan penghargaan piala Oscar atau Academy Awards ini.

Misalnya saja jalur karpet merah. Tidak semua tamu undangan yang hadir melewati 1 jalur karpet merah. Tetapi mereka diberikan akses jalur yang berbeda satu dengan yang lain, sesuai dengan undangannya. Tentu saja para tamu undangan ini sudah diarahkan oleh para petugas, ketika harus menempuh jalur karpet merahnya.

Fakta lain yang perlu diketahui adalah film fiksi ilmiah belum pernah jadi film terbaik di ajang Oscar Awards ini. Contoh film bergenre fiksi ilmiah yang masuk nominasi Film Terbaik adalah Star Wars (1977), ET. The Extra-Terrestrial (1982). Lalu ada Avatar (2009), Inception (2010), dan Gravity (2013). Namun tidak satu pun dari film-film itu yang berhasil meraih penghargaan sebagai Film Terbaik.

Pemenang Oscar boleh menjual pialanya, tetapi kepada penyelenggara Academy Awards terlebih dulu. Harganya sudah ditentukan, yakni 1 dollar AS. Nah lo..!

Setiap peserta yang meraih Piala Oscar selalu diarahkan keluar melalui belakang panggung. Tujuannya adalah untuk menjalani sesi foto dan bertemu dengan awak media. Di dalam satu ruangan para pemenang akan melakukan wawancara singkat dengan para jurnalis dari berbagai media di seluruh dunia. Sesi ini bukanlah hal wajib, jadi kadangkala ada pemenang yang menolak sesi ini.

Buat yang ingin melihat daftar lengkap dari para pemenang piala Oscar 2018, bisa dilihat disini.

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top