Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

SAW 1 atau SAW 3? Aksi Kejahatan Paling Bengis

Film SAW 1 dan SAW 3
Film SAW 1 dan SAW 3. Sumber: IMDb

Layar.id – Setidaknya sekali seumur hidup, nama film SAW pasti pernah terdengar oleh sobat pelayar. Film thriller paling mengerikan satu ini sukses besar dengan kisah pembunuhannya yang sangat bengis dan kejam.

Sejak produksi pertamanya pada tahun 2004, SAW masih terus berlanjut hingga seri mendatangnya yang kesepuluh pada tahun 2023. Terkenal dengan pembunuhan yang tragis dan biadab, film satu ini mengguncang industri film dengan ide dan plot ceritanya.

Film ini sendiri merupakan kisah seorang pembunuh berantai yang sangat cerdas sehingga ia membuat survival game namun secara nyata. Sehingga ketika orang yang terpilih gagal dalam permainan tersebut, mereka akan mati dengan cara yang sangat menyakitkan. Pantang ditonton sambil makan, film pembunuhan satu ini memiliki banyak adegan yang disturbing.

Seri dari film ini mengandung banyak sekali adegan intens, kekerasan, darah, seks dan penyiksaan. Oleh karena itu, film satu ini hanya boleh disaksikan usia 17 tahun ke atas. Seri pertamanya dapat ditonton di Prime Video dan juga Apple TV. Sedangkan seri ketiga hanya dapat disaksikan di Apple TV.

Baca juga: Profil Mel Gibson, Aktor Film Laga Terbaik

Buka ruang diskusi, mari bahas SAW 1 dan SAW 3. Manakah yang lebih bagus menurut sobat pelayar?

SAW 1

Film SAW 1

Film SAW 1, Dr. Lawrence. Sumber: IMDb

Pada seri pertama, film ini bercerita tentang seorang pembunuh yang dikenal dengan nama Jigsaw Killer. Ia memasukkan para target korbannya ke dalam ruangan yang kotor dan menyeramkan untuk melakukan permainan kematian. Hal yang lebih keji adalah dalam proses mereka disekap dalam permainan ini, mereka harus menyiksa diri mereka sendiri jikalau mereka ingin hidup.

Kisahnya berawal dari dua orang yang disekap dengan kaki dirantai disebuah ruangan dengan mayat berlumuran darah. Dua orang tersebut adalah Dr. Lawrence yang diperankan oleh Cary Elwes dan Adam Stanheight yang diperankan oleh Leigh Whannell. Keduanya memiliki misi untuk bertahan hidup dengan cara apapun.

Salah satunya adalah instruksi bahwa Dr. Lawrence harus membunuh Adam untuk bisa hidup. Saat mereka memikirkan cara untuk keluar dari tempat tersebut, mereka menemukan sebuah gergaji. Dengan gergaji tersebut, mereka mencoba memotong rantai dikaki mereka. Namun, hal tersebut gagal dan mereka menyadari bahwa gergaji tersebut ada untuk memotong kaki mereka.

Menggunakan berbagai trik untuk bisa selamat, hanya Dr. Lawrence yang berhasil keluar. Saat Adam ditinggal sendiri dalam ruangan itu, ternyata mayat penuh darah yang ada dalam ruangan merupakan Jigsaw yang diperankan oleh Tobin Bell. Seri pertama ini disutradarai oleh James Wan yang kemudian mencetak banyak sekali karya perfilman yang luar biasa.

Seri pertama ini sangat intens, mindblowing, plot twist, dan diperankan sangat nyata oleh aktor yang terlibat. Hal ini juga dibuktikan dengan kesuksesan film ini yang mencapai lebih dari satu trilliun rupiah.

Baca juga: 4 Film Korea Bertemakan Konspirasi Politik

SAW 3

Film SAW 3

Film SAW 3. Sumber: IMDb

Berlanjut ke sekuel yang ketiga, film ini masih menggegerkan masyarakat dengan ide pembunuhan yang sangat diluar akal. Masih berfokus pada permainan Jigsaw Killer, seri ketiga ini semakin berkembang dengan beberapa setting tempat dan banyaknya karakter yang terlibat. Dimulai dari penculikan dr. Lynn untuk menyelamatkan Jigsaw yang mengidap kanker otak. Jigsaw yang tidak berdaya secara sengaja memanfaatkan Amanda yang mengaguminya.

Melalui Amanda, ia melancarkan permainan sadisnya. Kali ini, permainan melibatkan Jeff yang merupakan suami dari dr. Lynn yang memiliki dendam besar atas kematian anaknya. Jigsaw memanfaatkan dendamnya ini dengan menjebak Jeff dalam pilihan apakah ia harus menyelamatkan orang-orang yang disekap Jigsaw atau tidak.

Sampai akhirnya, Jeff memasuki ruangan dimana Jigsaw dan dr. Lynn berada. Jeff membunuh Amanda dan Jigsaw, namun ternyata Jigsaw menekan tombol yang menyatakan kegagalan Jeff dalam permainannya. Kegagalannya ini menandakan bahwa dr. Lynn akan mati dan anak mereka tidak akan pernah ditemukan.

Sekalipun alur cerita SAW 3 lebih variatif dan mendebarkan, namun sekuel ketiga ini dinilai memiliki alur yang sangat berbelit-belit. Sulit bagi penonton untuk mengerti jalan cerita pada pandangan pertama. Bagi para penggemar film thriller, film satu ini pasti menjadi mahakarya yang tidak mungkin dilewatkan.

Jadi, bagaimana menurut sahabat pelayar? Lebih bagus SAW 1 atau 3 ya?

Sumber: Berbagai sumber.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Trending

Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Bagi Pelayar yang menikmati genre film horor, tentu serial film The Conjuring menjadi salah satu tontonan wajib. Sempat menjadi salah satu film...

Film

Layar.id – Saw adalah film yang bergenre horor thriller karya debut dari  James Wan sebagai sutradara. Wan tidak menulis karya ini sendirian. Dia menciptakan...

Film

Jakarta, Layar.id – Sebuah film horor terbaru dari Universal Pictures, M3GAN memulai debut manis melampaui ekspektasi. Film garapan Gerard Johnstone yang rilis 4 Januari...

Film

Jakarta, Layar.id – Sebagai salah satu waralaba horor thriller terkemuka, Saw memiliki daya tarik tersendiri di mata penggemar. Film Saw terbaru akan digarap oleh...