Film

Menuai Respon Positif Film A STAR IS BORN Potensial Raih Oscar 2019

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

FILM YANG DIBINTANGI AKTOR KAWAKAN BRADLEY COOPER DAN POP STAR LADY GAGA, A STAR IS BORN MENUAI BANYAK PUJIAN KRITIKUS FILM.

Jakarta, Layar.id –  Film A Star is Born terbukti sukses menuai respon yang sangat luar biasa. Bahkan kabarnya, film ini pun digadang dapat masuk nominasi Oscar dan menyamai kesuksesan ‘La La Land’.

‘A Star is Born’ adalah salah satu film yang ditunggu-tunggu banyak penggemar film-film musikal.  Menampilkan Lady Gaga dan Bradley Cooper, tentu saja film tersebut mengundang rasa penasaran.

Selain itu, ‘A Star is Born’ merupakan debut film Lady Gaga, yang sebelumnya beberapa kali muncul dalam serial TV. Uniknya, dalam film ini Lady Gaga harus beradu akting dengan sang sutradara itu sendiri.

Film yang memasangkan superstar pop Lady Gaga sebagai bintang utama, ‘A Star is Born’ sendiri menandai debut aktor kawakan Bradley Cooper sebagai sutradara.

Dalam film remake yang diproduksi Warner Bros. ini, Cooper juga merangkap jadi penulis skrip, sekaligus aktor utama pria yang harus beradu akting dengan Gaga. Interesting!

DI BALIK A STAR IS BORN

 

Menuai Respon Positif Film A STAR IS BORN Potensial Raih Oscar 2019

‘A Star is Born’ melalui perjalanan panjang sejak tahun 2011.  Saat itu, ‘A Star is Born’ disutradarai oleh Clint Eastwood yang berencana menggaet Beyonce dan Tom Cruise sebagai karakter utamanya.

Namun, pada Oktober 2012 Beyonce keluar dari proyek tersebut karena hamil. Sehingga Eastwood pun memutuskan untuk fokus pada proyek besarnya yang lain. Sementara Tom Cruise, tidak pernah mengkonfirmasi perannya dalam film tersebut.

Setelah Eastwood memastikan bahwa ‘A Star is Born’ akan tetap diproduksi meskipun tanpa Beyonce, ia pun menyerahkan proyek tersebut kepada Bradley Cooper. Saat itu Cooper masih ingin menggaet Beyonce, namun penyanyi tersebut meminta bayaran terlalu tinggi.

Akhirnya, di tahun 2016 Gaga sukses melakukan screen-test dan siap memerankan Ally, musisi berbakat yang siap bersinar. Lady Gaga nampaknya berhasil menyelamatkan proyek tersebut.

SINOPSIS SINGKAT

Menuai Respon Positif Film A STAR IS BORN Potensial Raih Oscar 2019

Jackson Maine (Bradley Cooper) seorang musisi kawakan yang jatuh cinta dengan Ally (Lady Gaga), gadis yang merintis sebagai penyanyi sekaligus penulis.

Dengan segala masalahnya masing-masing, berjuang untuk meraih kesuksesan dalam karir yang mereka geluti.

Namun, ketika karier Ally melesat, hubungan mereka justru memburuk. Jack bertarung melawan pertempuran yang sedang berlangsung dengan dirinya sendiri.

Terdengar klise namun tetap menarik? Karena mengundang rasa penasaran, akan seperti apakah ending-nya?

BERPOTENSI MERAIH OSCAR

Menuai Respon Positif Film A STAR IS BORN Potensial Raih Oscar 2019

Banyak orang yang membicarakan ‘A Star is Born’ karena akting Gaga dan Cooper sukses mencuri perhatian.

Beberapa potensi di ajang Oscar pun terbuka lebar untuk film ini. Cooper dapat menjadi salah satu penerima nominasi terbanyak. Gaga pun juga bisa berjaya di kategori aktris terbaik.

Meski ‘A Star is Born’ baru akan tayang di bioskop bulan depan, namun film ini sudah unjuk gigi Toronto International Film Festival. Sebuah event yang selalu menjadi tempat lahirnya film-film kelas Oscar.

Lantas bagaimana performa ‘A Star is Born’ yang ditangani sutradara debutan? Apakah film musikal ini akan berakhir gagal dan dibanjiri kritik pedas? Atau justru berhasil tampil mengesankan dan mendapatkan tepuk tangan meriah?

Rupanya ‘A Star is Born’ sukses menuai respon luar biasa, termasuk dari Adam Chitwood sang editor Collider.

Chitwood yang telah menyaksikan filmnya, berbagi ulasannya bahwa Cooper punya kemampuan menjadi sutradara, dan itu menjadi awal dari kesempurnaan ‘A Star is Born’.

Chitwood juga menyebut akting Cooper dan Gaga sangat memukau, dan mereka layak untuk diganjar nominasi Oscar. Pujian juga dilayangkan Chitwood kepada sinematografi cantik Matthew Libatique, hingga editing Jay Cassidy yang disebut brilian dan penuh motivasi.

Tak ketinggalan, Chitwood juga mengacungkan jempol pada deretan soundtrack ‘A Star is Born’, salah satunya lagu I’ll Never Love Again yang punya kans memenangkan kategori Best Original Song.

Selain itu semua, Chitwood menilai bahwa ‘A Star is Born’ adalah tipe film crowdpleaser yang bisa bikin baper para penontonnya. Itu sebbanya, ia yakin film ini akan sukses di box office.

Tak hanya itu, ‘A Star is Born’ juga dinilai punya poin penting untuk memenuhi kriteria juri Oscar.  Contohnya saja transformasi aktor yang impresif dan cerita tentang dunia hiburan yang mengaduk emosi.

Mungkin terlalu dini jika berharap ‘A Star is Born’ layak menembus Oscar. Namun dengan segala keistmewaannya, Chitwood penasaran apakah film ini akan menyamai kesuksesan La La Land atau bahkan lebih hebat. Apapun itu, Chitwood berani menjamin, segala hype yang ada di sekeliling ‘A Star is Born’ selama ini akan terbayar manis.

REMAKE KETIGA

Menuai Respon Positif Film A STAR IS BORN Potensial Raih Oscar 2019

Film ‘A Star is Born’ ini sebenarnya adalah versi ketiga dari film bertajuk sama yang dirilis tahun 1976, yang diperankan oleh musisi Kris Kristofferson dan musisi/aktris Barbra Streisand.

Sedangkan versi original dari ‘A Star Is Born’ dirilis tahun 1937 yang diperankan Janet Gaynor dan Fredric March. Film ini kemudian dibuat kembali di tahun 1954, diperankan aktris dan penyanyi Judy Garland dan James Mason.

Jadi, membuat ulang film yang telah beberapa kali dibuat ulang adalah sebuah tantangan besar bagi Cooper. Apalagi, jika mengingat ‘A Star is Born’ merupakan debutnya sebagai sutradara. Selain itu, film ini juga merupakan debut Lady Gaga sebagai pemeran utama wanita.

Selain berakting sebagai Ally, Lady Gaga yang pernah memenangkan Oscar untuk lagu “Til It Happens to You” dari film The Hunting Ground ini juga menyisipkan lagu baru khusus untuk film ini. Lagu ini ditulisnya bersama Bradley Cooper dan beberapa musisi Lukas Nelson, Jason Isbell dan Mark Ronson.

Film ‘A Star Is Born’ garapan Warner Bros. bekerjasama dengan Live Nation Productions dan MGM Pictures, direncanakan untuk dirilis 5 October 2018.

Namun dibalik itu semua, ‘A Star is Born’ sejauh ini dinilai sukses memanjakan para kritikus film dengan penampilan memukau Lady Gaga. Kemudian pilihan-pilihan musik yang sempurna dan sentuhan akhir oleh cinematography yang tepat. Film ini bahkan banyak yang menggadang untuk maju memperoleh Oscar tahun depan.

Sulit di percaya bahwa versi Cooper pada tahun 2018 ini mendapat label fresh pada Rotten Tomatoes dengan skor 88%, sementara di iMDB ‘A Star Is Born’ sukses dengan skor 9.1.

Nah.., bagaimana kisah akhir dari debut sutradara Cooper dan debut film Gaga? Kita simak dulu trailernya disini.

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top