Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Kisah di Balik Layar Kisah Prajurit Perempuan Inspiratif dari Disney’s “Mulan”

Poster Mulan
Mulan (sumber: Disney)

Last updated on 3 Juli, 2022

Jakarta, Layar.id – Mulan merupakan seorang perempuan muda yang mempertaruhkan nyawanya karena cinta kepada keluarga. Dibalik filmnya yang luar biasa keren namun tidak banyak yang tahu jika pembuatan film Mulan ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama lho pelayar!

Berawal dari Tim produksi Disney melakukan pencarian global selama setahun untuk Hua Mulan, karakter utama film tersebut. Setelah melihat ribuan aktris, penari, penyanyi, dan seniman bela diri, mereka menemukan Liu Yifei. Menurut sutradara Niki Caro, Liu Yifei merupakan satu-satunya yang bisa memerankan Mulan.

Liu Yifei adalah seorang aktris keturunan Cina-Amerika yang telah membintangi sejumlah film terkenal seperti The Forbidden Kingdom bersama Jackie Chan dan Jet Li, Outcast dengan dengan Nicolas Cage, dan film fantasi Tiongkok berjudul Once Upon a Time.

Tak hanya itu, film ini juga merupakan hasil tuangan sebuah insirasi dari Balada Hua Mulan, film ini menghadirkan kisah luar biasa yang merayakan kekayaan budaya Tionghoa dan kekuatan perempuan kepada penonton. Walaupun terinspirasi dari budaya Tionghoa, Mulan menghadirkan nilai-nilai serta pesan universal yang dapat dinikmati oleh para penonton.

Baca juga: Disney’s ‘Mulan’ Tayang Secara Ekslusif di Disney+ Hotstar

Kombinasi emosi yang digabungkan dengan aksi yang menakjubkan serta visual yang memukau, Mulan adalah film dengan daya tarik universal yang membawa tema yang tak lekang oleh waktu, yaitu kehormatan, keluarga, rasa hormat terhadap orang tua dan tugas yang dilakukan.

Disney pertama kali menginterpretasikan kisah Mulan dalam film animasi pada tahun 1998. Film animasi Disney Mulan adalah salah satu film box office sekaligus film favorit penggemar dan menampilkan Ming-Na Wen sebagai pengisi suara Mulan.

Nah kemudian, untuk kalian yang sudah menonton filmnya, tentunya terpesona kan dengan banyak tempat-tempat hingga pemandangan luar biasa yang disajikan dalam film Mulan.

Beberapa lokasi yang digunakan termasuk provinsi Hubei di Tiongkok Tengah, Gurun Pasir di Provinsi Xinjiang, Taman Geologi Nasional Zhangye Danxia di Tiongkok Tengah Utara, Gunung Api, Desa Mazar dan Dunhuang, dan Jiuquan di provinsi Gansu di Barat Laut dari Tiongkok. Mereka juga melakukan pengambilan gambar di studio yang berlokasi di provinsi Zhejiang di Tiongkok Timur.

Satu lagi nih, faktanya desainer kostum utuk film Mulan, Bina Daigeler, m,engungkapkan hanya 40 orang yang mengerjakan kostum untuk film Disney Mulan yang memiliki sekita 2.062 item kostum, 1.104 item headwear, 250 topi, 1.114 pakaian tambahan, 590 kostum untuk adegan di Kota Kekaisaran, 100 kostum untuk adegan pelanggan dari Desa Tulou, 281 set baju besi tentara Tiongkok, 730 baju besi Rouran, dan ditambah tiga sampai lima kostum tambahan untuk 50 karakter utama.

Kostum untuk Xianniang yang diperankan oleh Gong Li termasuk yang paling memakan waktu dan menantang. Kostumnya dirancang agar dapat menunjukkan misteri dan kekuatan dari karakternya. Xianniang adalah senjata manusia yang ampuh. Detail dari kostumnya mengingatkan kita pada burung elang. Senjatanya ada di tubuhnya, dan bagian mata serta riasannya dibuat seperti elang dengan  topeng putih. Pakaian berwarna terang yang dikenakannya berasal dari gagasan bahwa warna putih dalam budaya Tiongkok melambangkan kematian dan juga kesucian. (myng/shf)

 

Sumber dan Foto: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Barat

Film Hollywood tentang kesehatan mental merupakan salah satu tema yang paling dicari. Betapa tidak, kian hari isu kesehatan mental seakan kian meningkat karena berbagai...

Disney+

Last updated on 5 Agustus, 2022 Jakarta, Layar.id – Rumah produksi Starvision Plus merilis serial web terbaru Yang Hilang dalam Cinta pada 30 Juli...

Drama Korea

Layar.id – Episode terakhir drama tvN Link: Eat, Love, Kill tayang pada 26 Juli lalu, berjumlah 16 episode tayang sejak 6 Juni 2022. Berikut...

Drama Korea

Layar.id – Drama Korea Doctor Lawyer dibintangi oleh So Ji Sub, Shin Sung Rok dan Im Soo Hyang, tayang 3 Juni 2022 di MBC....