Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Barat

Resensi Alien: Covenant, Planet Baru yang Menakutkan

Xenomorph (sumber: 20th Century Fox)

Last updated on 25 Oktober, 2021

Layar.id – 20th Fox Century telah keluarkan film prekuel dari franchise ALIEN dengan judul Alien: Covenant.

Film ini akan menceritakan perjalanan dari para awak pesawat luar angkasa Covenant yang membawa ribuan koloni manusia untuk menemukan planet baru yang bisa dijadikan tempat tinggal.

Sampailah mereka pada sesuatu yang telah mereka cari-cari dalam perjalanan ini, sebuah planet yang sempurna untuk ditempati manusia, terletak di ujung galaksi.

Sinopsis

Dalam perjalanan yang memakan waktu hingga 7 tahun lebih itu, mereka mengalami banyak kejadian. Salah satu yang paling tragis ialah ketika pesawat mereka mengalami tabrakan dan menyebabkan kekacauan di dalam pesawat.

Kapten pesawat tewas terbakar dalam cryosleep-nya, sehingga para awak pesawat harus mencari siapa yang dapat menjadi pemimpin Covenant selanjutnya.

poster Alien Covenant

Poster Alien: Covenant (sumber: 20th Century Fox)

Baca juga: Lagi, Ridley Scott Garap Sekuel “Alien: Awakening”

Sampailah mereka pada sesuatu yang telah mereka cari-cari dalam perjalanan ini, sebuah planet yang sempurna untuk ditempati manusia, terletak di ujung galaksi.

“Kesempurnaan” yang dimiliki planet ini membuat salah satu awak bernama Daniels (Katherine Waterston) curiga.

Covenant pun memutuskan untuk menurunkan sejumlah awak yang tergabung dalam tim ekspedisi untuk mempelajari planet tersebut.

Daniels dan rekan-rekannya mulai memasuki planet asing itu, mulanya mereka sangat terkesan dengan planet ini. Planet yang tenang dan damai mirip seperti bumi, bahkan gandumpun tumbuh di planet ini.

Katherine Waterston sebagai Katherine Daniels

Katherine Waterston sebagai Katherine Daniels (sumber: 20th Century Fox)

Kejadian aneh mulai dirasakan ketika salah satu anggota tim, Ledward (Benjamin Rigby), mulai merasakan sakit dalam tubuhnya.

Ia sebelumnya memang terlihat merokok di tengah hutan dan kemudian ada sejenis makhluk kecil yang memasuki tubuhnya dan mengendap di sana.

Karine (Carmen Ejogo) yang bersama Ledward pun mulai merasa bingung dan panik ketika kesehatan Ledward mulai menurun.

Sementara itu, tim ekspedisi yang lain menemukan sebuah benda besar yang diduga ialah pesawat Prometheus yang hilang sejak 10 tahun yang lalu.

Mereka juga menemukan foto dari Dr. Elizabeth Shaw yang dikabarkan meninggal dalam kecelakaan pesawat Promotheus tersebut.

Para tim ekspedisipun bergegas kembali ke pesawat, dikarenakan kondisi Ledward yang semakin parah.

Baca juga: Intip Cuplikan Alien Bergigi Runcing Dalam Trailer Critters Attack

Alien: Covenant, Karine dan Ledward

Scene saat Ledward akan diperiksa (sumber: 20th Century Fox)

Ledward yang sudah dibawa ke ruang medis mendadak mengeluarkan banyak darah, dan tiba-tiba mengeluarkan organ tubuhnya yang melahirkan makhluk mengerikan.

Makhluk yang diketahui alien itu menyerang para awak pesawat, bahkan membunuh beberapa di antaranya.

Mereka kemudian diselamatkan oleh David (Michael Fassbender), humanoid yang selamat dari peristiwa Promotheus.

Namun, ada sesuatu yang misterius terdapat dalam diri David. Di gua tempat David tinggal, mulai terasa atmosfer yang menakutkan, banyak gambar-gambar seperti makhluk aneh. Terlebih, David bisa menjinakkan alien yang super menakutkan itu.

Apa sebenarnya yang terjadi di planet tak berpenghuni itu? Dari mana asal alien-alien menakutkan ini? Dan siapakah David sebenarnya?

Alien: Covenant

Alien “muda” (sumber: 20th Century Fox)

Baca juga: Enam Film Pendek Alien Siap Serbu Fans

Review

Secara keseluruhan, film Alien: Covenant menawarkan cerita yang menegangkan. Terlebih ketika penonton dihadapkan dengan kemunculan para alien yang menakutkan.

Namun, bagi yang memang tidak mengikuti serial film Alien sebelumnya, Pelayar dipastikan akan kebingungan saat menonton film ini apalagi di bagian awal film yang terasa sedikit menjemukan.

Namun, ketegangan yang diberikan Alien memang tidak bisa diragukan. Tidak salah jika iMDB memberikan rating 8,3 dari 10.

Untuk Pelayar yang memang mencintai film sci-fi thriller, maka wajib untuk menonton film Alien: Covenant ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Indonesia

Last updated on 29 Juni, 2022 Layar.id – Reza Rahadian baru saja tampil dalam film terbarunya berjudul Garis Waktu dengan lawan main Michelle Ziudith,...

Jadwal Tayang

Last updated on 2 Juli, 2022 Layar.id – Ada banyak film dan acara TV yang segera tayang di aplikasi Viu, pada Juni ini akan...

TV Series

Layar.id – Serial Netflix terbaru, Stranger Things season 4 volume 1 mengungkap banyak misteri dari season 1. Sebanyak 6 misteri yang terjawab yang melengkapi...

Film

Jakarta, Layar.id – Trailer teaser Pinocchio pertama yang baru saja tiba mengungkapkan tampilan pertama adaptasi film live-action terbaru Disney. Film baru ini akan didasarkan...