Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Barat

10 Film Terbaik Matt Damon dari Good Will Hunting Hingga Ford v Ferrari

Jason Bourne
Jason Bourne

Matt Damon adalah salah satu aktor Hollywood terbaik dengan berbagai list film yang sukses. Memulai karirnya sejak tahun 90-an, Damon mendapatkan terobosan besar dalam perfilman melalui Good Will Hunting. Sejak saat itu karirnya terus melaju naik hingga. Berbagai film blockbuster ia bintangi bahkan mendapatkan Academy Awards. Berikut ini terangkum 10 Film Terbaik Matt Damon yang layak untuk ditonton berulang kali.

 

Dalam 25 tahun, Matt Damon telah membuktikan dirinya bukan sekedar aktor biasa. Ia dapat berakting tanpa cela dengan berbagai karakter yang selalu berhasil menarik perhatian penonton. Dengan pesonanya tersebut, mustahil orang-orang tidak jatuh cinta padanya.

 

Daftar 10 film Matt Damon ini terdiri dari banyak genre, drama, komedi, film aksi, hingga thriller. 

 

Baca juga: Jurassic World Dominion, Kenalkan Karakter, Tanggal Rilis, dan Prolog Film

 

Film Terbaik Matt Damon

Good Will Hunting

Good Will Hunting

  1. Good Will Hunting (1997)

Setelah ditolak beberapa produser film, Matt Damon dan Ben Affleck mencoba keberhasilannya sendiri dengan menulis film Good Will Hunting. Film ini berkisah tentang seorang jenius, Will Hunting (Damon) yang juga petugas kebersihan di M.I.T. Ketika ia harus berhadapan dengan hukum, Professor Gerald Lambeau (Stellan Skargård) membantu Will jalan keluar dan menghubungkannya dengan terapis Sean Maguire (Robin Williams). Sejak pertemuan itu, hidupnya Will berubah.

 

Saving Private Ryan

Saving Private Ryan

2. Saving Private Ryan (1998)

Sebelum film Good Will Hunting dirilis, Damon mulai memasuki produksi film karya Steven Spielberg. Ia bermain dengan pemain papan atas seperti Tom Hanks dan Tom Sizemore dalam kisah perang yang brutal. Saving Private Ryan menceritakan seorang prajurit yang menghilang di masa Perang Dunia II. Kapten John Miller (Tom Hanks) dan kelompoknya berusaha mencari James Ryan (Matt Damon) setelah empat saudaranya mati dalam perang. 

 

The Talented Mr Ripley

The Talented Mr Ripley

3. The Talented Mr. Ripley (1999)

Film thriller psikologis ini berpusat pada Tom Ripley (Matt Damon), seorang pemuda menawan yang juga pembohong patologis yang akan melakukan apa saja untuk mendapatkan keinginannya. Suatu hari, seorang pengusaha memintanya untuk membawa pulang putranya, Dickie Greenleaf (Jude Law) dari pantai Italia. Perjalanan itu dipenuhi skema yang menegangkan penuh brutal dan pembunuhan.

 

Ocean's Trilogy

Ocean’s Trilogy

4. The Ocean’s Trilogy (2001 – 2007)

Sebuah film karya Steven Soderbergh yang indah. Diperankan oleh George Clooney, Brad Pitt, dan Matt Damon. Dengan skenario yang menarik dan cerdas, para pemain terkoneksi dari satu film ke film berikutnya. The Ocean’s Trilogi adalah tiga film pencurian terbaik. Matt Damon berperan sebagai Linus Caldwell, seorang pencopet muda dan putra seorang penipu terkenal. 

 

Bourne Film

Bourne Film

5. The Bourne Movies (2002 – 2016)

Sebuah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri bahwa Matt Damon sangat berhasil menghidup Jason Bourne sebagai mata-mata ulung. Film-film Bourne ini menunjukkan bahwa dia bisa berkelahi dengan cantik, tidak hanya dengan mengepalkan tinju, tapi juga otak yang pintar. The Bourne Identity, The Bourne Supremacy, The Bourne Ultimatum, dan Jason Bourne adalah film aksi yang menyenangkan.

 

The Departed

The Departed

6. The Departed (2006)

Sebuah remake film thriller Hong Kong, Internal Affairs. Dua petugas polisi Boston yang sangat berbeda. Billy Costigan (Leonardo DiCaprio), seorang polisi jujur yang menyamar untuk menjatuhkan organisasi kriminal yang dipimpin oleh Frank Costello (Jack Nicholson). Satu polisi, Colin Sullivan (Matt Damon) merupakan mata-mata dari Costallo yang masuk Departemen Kepolisian Boston untuk mendapatkan informasi.

 

Baca juga: Rampage: Berubahnya George Menjadi Raksasa 

The Informant!

The Informant!

7. The Informant! (2009)

Matt Damon kembali bekerja dengan Soderbergh dalam film komedi satir. Damon berperan sebagai informan perusahaan untuk mengejar agrobisnis raksasa. Film ini menyenangkan dengan akting lucu dari Matt Damon. Namun, banyak penggemar yang merasa ini bukanlah karakter yang cocok bagi Damon.

 

Contagion

Contagion

8. Contagion (2011)

Film yang menggambarkan pandemi dengan akurat, mengikuti setiap karakter mencoba memahami virus mematikan yang berpotensi memusnahkan seluruh umat manusia. Mitch Emhoff (Matt Damon) adalah seorang pria yang kehilangan istri dan putranya karena virus misterius tersebut. Ia berusaha bertahan hidup bersama putrinya dalam ketidakpastian.

 

The Martian

The Martian

9. The Martian (2015)

Film yang membawa Damon pada pemenang Golden Globe. The Martian merupakan adaptasi dari novel Andy Weir yang berjudul sama. Seorang astronot/ahli botani, Mark Watney (Matt Damon) yang berjuang untuk hidup setelah anggota kru luar angkasanya percaya bahwa dia meninggal dalam badai debu di Mars. Dengan kemampuan dan pengetahuannya dalam botani, ia bertahan hidup sambil menunggu NASA mengirim kru untuk menyelamatkannya.

 

Ford v Ferrari

Ford v Ferrari

10. Ford v Ferrari (2019)

Film drama yang kritis mengenai olahraga dan berhasil meraih sukses besar di Academy Awards pada tahun 2020. Christian Bale dan Matt Damon memerankan Ken Miles dan Carroll Shelby. Mereka berdua menunjukkan chemistry yang kuat dan serasi di depan layar. Performa keduanya jadi bagian besar dari keberhasilan film ini.

 

Sumber: Esquire, CinemaBlend

Foto: Berbagai sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Netflix

Layar.id – Para pecinta film tentunya tidak asing dengan film yang mengangkat kisah tentang dunia kedokteran. Tidak kalah menarik film-film dengan tema kedokteran pun...

Film

Layar.id – Sinopsis Film AIR merupakan film yang tayang di bulan April 2023. Menceritakan tentang kisah nyata perjalanan perusahaan Nike dalam menjalankan bisnisnya. Bagi Anda...

Entertainment

Layar.id – Siapa yang tidak kenal dengan aktor terkenal yang satu ini? Ya, dia adalah Jesse Plemons! Aktor yang berasal dari negeri Amerika Serikat...

Film

Layar.id – Olahraga Balap merupakan salah satu olahraga yang cukup banyak penggemarnya. Adrenalin yang mereka dapatkan ketika mesin saling menderu kencang menjadi magnet utama...