Connect with us

Film Asia

Path of Soul: Kisah Perjalanan Spiritualitas Warga Tibet

Path of Soul

Film Path of Soul menceritakan tentang pembelajaran iman dan spiritualitas yang dipercaya akan mengilhami Anda. Meskipun menggunakan mode dokumenter, film ini sungguh menyajikan visualisasi yang menarik.

Ya, Path of Soul adalah film dengan mode dokumenter sederhana yang sangat menarik. Secara sinematografi, gambar yang disajikan sangat memukau melihat sang sutradara mengambil banyak pemandangan di pegunungan Tibet. Tak hanya itu, keunikan lainnya adalah kamera sering menangkap adegan dan scene-nya dari kejauhan dan jarang mengambilnya secara close up.

Sebelum rilis di China pada tanggal 20 Juni 2017 silam, Path of Soul ditayangkan perdana pada Festival Film Internasional Toronto 2015. Kemudian dipresentasikan pada Festival Film Internasional Busan pada tahun 2015 dan diikutsertakan di Festival Film Internasional Vilnius, Festival Film Internasional Hong Kong, Festival Film Internasional Goteborg, Festival Film Internasional Rotterdam, serta Festival Film Internasional Seattle.

Path of Soul disutradarai, ditulis dan diproduksi oleh Zhang Yang. Film ini mengisahkan tentang perjalanan warga desa Tibet di Kabupaten Mangkang dengan menempuh jarak 1200 kilometer menuju Lhasa.

“Film ini mengisahkan tentang perjalanan warga desa Tibet di Kabupaten Mangkang dengan menempuh jarak 1200 kilometer menuju Lhasa.”

Nyima (Nyima Zadui) dan pamannya, Yang (Yang Pei) awalnya berdiskusi santai sebelum memtuskan untuk melakukan perjalanan ke Lhasa. Perjalanan ini dianggap penting karena saudaranya dulu meninggal sebelum bisa mencapai Lhasa. Yang sendiri tidak pernah keluar dari desanya. Hingga akhirnya sebuah kelompok warga Tibet beranggotakan 11 orang ini melakukan perjalanan tersebut.

Perjalanan dilakukan bukan untuk wisata, melainkan sebagai pembelajaran spiritualitas dan tindakan pengabdian ajaran Budha yang mengharuskan pelakunya untuk sujud setiap beberapa meter. Pemenuhan spiritual hanyalah bagian dari prosesnya, tujuan terpenting adalah mendoakan kesejahteraan dan kebahagiaan orang lain. Kunci dari film Path of Soul adalah kesederhanaan sehingga penontonnya akan terilhami dari kisah para penduduk Tibet ini.

Zhang Yang menunjukkan bagaimana keyakinan dan praktik Buddhis bisa dituangkan ke dalam segala aspek kehidupan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Nominasi Asian Film Awards 2019 – Siapa Bakal Jadi Jawaranya? Nominasi Asian Film Awards 2019 – Siapa Bakal Jadi Jawaranya?

Nominasi Asian Film Awards 2019 – Siapa Bakal Jadi Jawaranya?

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup