Connect with us

Berita Hiburan

“Billboard Indonesia Music Awards 2020” Ajang Penghargaan Musik Bergensi Persembahan RCTI dan Billboard Indonesia

RCTI kembali mempersembahkan program ternama untuk insan musik Indonesia yaitu Billboard Indonesia Music Awards 2020. Acara ini merupakan sebuah ajang penghargaan yang dibuat untuk musisi-musisi Indonesia mulai dari lagu-lagu pop, daerah, dan masih banyak lagi. RCTI dan Billboard Indonesia juga mengadakan ini dengan alasan karena lirik lagu bisa menjadikan sebuah inspirasi bagi banyak orang. Tak hanya insipirasi saja, lagu juga bisa menjadi curahan hati seseorang yang sedang sedih ataupun senang.

Untuk menandakan ajang musik bergengsi di Tanah Air ini, RCTI bersama Billboard Indonesia pun mengadakan Press Conference pada hari Senin, 20 Januari 2020 di Tower 1 RCTI, Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Press Conference ini menghadirkan sejumlah crew Billboard Indonesia Music Awards 2020 dan para pengisi nominasi seperti Brisia Jodie, Andmesh, Cakra Khan, Samsons, Nino, serta Juicy Luicy.

Saat acara berlangsung, crew dan para nominasi membacakan beberapa nominasi yang akan diumumkan pada saat malam puncak, nominasi tersebut di antaranya ada Top 100 Song of the Year, Top Collaboration Song of the Year, Top New Artist of the Year, Top Streaming Song of the Year (Audio), Top Streaming Song of the Year (Video), Top Social Artist of the Year, Top Male Singer of the Year, Top Female Singer of the Year, Top Duo/Group/Band of the Year, Top Radio Airplay of the Year, Top Karaoke Song of the Year, Top Throwback Hits of the Year, serta penghargaan seorang musisi yang sangat berpengaruh dalam dinamika music Indonesia yaitu Top Lifetime Archievement 2019.

Billboard Indonesia sendiri merupakan suatu media yang menampilkan informasi mengenai 100 lagu-lagu yang sedang populer di Indonesia untuk meningkatkan motivasi para penyanyi, pencipta lagu, dan rumah produksi agar lagu-lagu yang mereka bagikan ke masyarakat bisa jadi bermanfaat. Tidak hanya itu saja, Billboard Indonesia juga mengharapkan agar media ini bisa menjadi titik temu para pelaku musik Indonesia agar mengurangi adanya salah paham di antara mereka semua.

Program Billboard Indonesia pertama kali dikenalkan kepada masyarakat pada 25 September 2019.  Semua genre musik yang ada di Indonesia dimasukan dalam list Billboard Indonesia dan dirangkum dalam 100 lagu terpopuler di setiap minggunya. Billboard membuat suatu tolak ukur ini agar misinya untuk meningkatkan motivasi para pelaku musik Indonesia tercapai.

Selain itu, Dini Putri, selaku Direktur Programming dan Produksi RCTI menjelaskan mengenai latar belakang program Billboard Music Awards terjadi, beliau mengatakan “jadi Billboard Music Awards ini adalah sebuah penghargaan terhadap musik, dengan nominasi-nominasi yang dihadirkan yang membuat Billboard Music Awards Indonesia ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa dan merangkul semua musisi dari semua zaman” pungkasnya.

Adib Hidayat selaku Editor in chief Billboard Indonesia juga menjelaskan mengenai acaranya yang dijadikan sebagai media bergengsi untuk musik-musik Indonesia, “sebelumnya saya berterima kasih terhadap setiap insan musik Indonesia, tanpa mereka kami (tim Billboard Indonesia) tidak akan bisa hadir di sini. Kami di sini sangat baru sekali yaitu berumur 1 tahun, tapi ternyata market merespon kami dengan sangat antusias, dengan sangat membuka tangannya lebar-lebar.

Tentunya, semua mengacu kepada apa yang terjadi di Billboard di luar sana, tentunya char itu harapan kami untuk membuat temen-temen menjadi semangat untuk berkarya lagi, menciptakan lagu-lagu lagi, dan untuk membuat management serta label-label artis bekerja keras agar lagu-lagu yang mereka produksi bisa masuk ke tangga lagu Indonesia” ujarnya.

BIllboard Indonesia Music Awards 2020 ini akan mengumumkan 13 kategori yang sudah dipilih pada tanggal 26 Februari 2020 dengan menggunakan voting dari berbagai sumber-sumber data yang terpercaya mulai dari Music Streaming Platform, Video Streaming Platform, Radio, Karoeke, serta tidak lupa juga dari Social Media Engagement yaitu Twitter, Facebook, serta Instagram. Jika Pelayar ingin penyanyi atau lagu yang kamu sukai menang, langsung saja ikuti proses votenya yang akan diadakan mulai dari 20 Januari – 20 Februari 2020 (pkl. 00.00 WIB). Votenya sendiri akan diadakan mulai dari platfom Instagram (Official RCTI), Facebook (Fan Pages RCTI), dan aplikasi RCTI+. Jika kalian ingin mengetahui cara-cara untuk votingnya, yuk lihat di bawah ini!

VOTE TUTORIAL INSTAGRAM

  1. Follow Instagram @officialrcti
  2. Pilih postingan kategori untuk vote
  3. Like postingan tersebut
  4. Vote dengan cara komentar di postingan kategori yang ada dengan format #VoteBIMA2020 (spasi) kode nominasi.
  5. Satu akun berlaku untuk satu kali vote per kategori per hari. Untuk vote kategori yang sama bisa diulang lagi di hari selanjutnya.
  6. Periode vote 20 Januari sampai dengan 20 Februari 2020 (pkl. 00.00 WIB)

VOTE TUTORIAL FACEBOOK

  1. Like fan page RCTI
  2. Pilih dan like postingan kategori yang terdapat pada wall fan page
  3. Vote dengan cara komentar di postingan kategori yang ada dengan format #VoteBIMA2020 (spasi) kode nominasi.
  4. Satu akun berlaku untuk satu kali vote per kategori per hari. Untuk vote kategori yang sama bisa diulang lagi di hari selanjutnya.
  5. Periode vote 20 Januari sampai dengan 20 Februari 2020 (pkl. 00.00 WIB).

VOTE TUTORIAL APLIKASI RCTI+

  1. Download Aplikasi RCTI+ di Play Store atau di App Store
  2. Klik Special Banner BIMA 2020 (Billboard Indonesia Music Award 2020)
  3. Apabila tampil pop up “Please Sign In Woops” klik Sign Up bila belum Register atau Sign In bila sudah register
  4. Silahkan baca syarat dan ketentuan terlebih dahulu
  5. Setelah itu, vote dengan cara pilih kategori dan nominasinya.
  6. Satu akun hanya berlaku untuk satu kali vote per kategori per hari. Untuk vote kategori yang sama bisa diulangi lagi di hari selanjutnya.
  7. Periode vote 20 Januari sampai dengan 20 Februari 2020 (pkl. 00.00 WIB).

Syarat dan Ketentuan Voting Billboard Indonesia Music Awards 2020

  1. Sistem voting Billboard Indonesia Music Awards 2020 menggunakan sistem 1 akun dapat melakukan vote setiap kategori masing-masing 1 vote setiap hari. Apabila ingin melaukan vote kategori yang sama, hanya dapat dilakukan keesokan harinya.
  2. Voters dapat melakukan voting melalui aplikasi RCTI+, Instagram RCTI (www.instagram.com/OfficialRCTI), Facebook Fan Page Official RCTI (https:/m.facebook.com/OfficialRCTI.TV)
  3. RCTI dan Billboard Indonesia berhak untuk mendiskualifikasi vote atau menunda vote jika terjadi kecurangan.
  4. RCTI dan Billboard Indonesia berhak mengubah, membatalkan, atau menangguhkan acara ini kapan saja.

 

Berikut daftar lengkap nominasi Billboard Indonesia Music Awards 2020:

 

Top 100 Song of the Year

Kategori ini adalah lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 di setiap minggu sepanjang 2019 dengan variabel data meliputi platform streaming musik, platform streaming video, data jaringan karaoke, data pemutaran radio, tanggal rilis.

  1.  Adu Rayu – Yovie Widianto, Tulus, Glenn Fredly
  2. Cinta Karena Cinta – Judika
  3. Hanya Rindu – Andmesh
  4. Rayu – Marion Jola, Laleilmanino
  5. Tolong Budi – Doremi

Top Collaboration Song of the Year

Kategori ini adalah lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 dengan tanggal rilis antara pertengahan 2018 – 2019.

  1. Adu Rayu – Yovie Widianto, Tulus, Glenn Fredly
  2. Amin Paling Serius – Sal Priadi & Nadin Amizah
  3. Bebas – Iwa K, Sheryl Sheinafia, Maizura, Agatha Pricilla
  4. Tak Ingin Pisah Lagi – Marion Jola, Rizky Febian
  5. Waktu Yang Salah – Fiersa Besari Ft. Tantri

Top New Artist of the Year

Kategori ini adalah musisi yang mencuat sekitar pertengahan 2018 – 2019 dengan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019.

  1. Arsy Widianto – Dengan Caraku (With Brisia Jodie)
  2. Brisia Jodie – Kisahku
  3. HINDIA (Baskara Putra) – Membasuh (Ft. Rara Sekar)
  4. Marion Jola – Jangan (Ft. Rayi Putra)
  5. Nadin Amizah – Sorai

Top Streaming Song of the Year (Audio)

Kategori ini adalah musisi dan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 berdasarkan data platform streaming musik dan dirilis sekitar pertengahan 2018 – 2019.

  1. Adu Rayu – Yovie Widianto, Tulus, Glenn Fredly
  2. Cinta Karena Cinta – Judika
  3. Cinta Luar Biasa – Andmesh
  4. Rayu – Marion Jola, Laleilmanino
  5. Tolong – Budi Doremi

Top Streaming Song of the Year (Video)

Kategori ini adalah musisi yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 berdasarkan data platform streaming video dan dirilis sekitar pertengahan 2018 – 2019.

  1. Cinta Karena Cinta – Judika
  2. Cinta Luar Biasa – Andmesh
  3. Kartonyono Medot Janji – Denny Caknan
  4. Salah Apa Aku – Ilir 7
  5. Tolong – Budi Doremi

Top Social Artist of the Year

Kategori ini adalah musisi dan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 dan dirilis sekitar pertengahan 2018 – 2019. Musisi harus punya engagement tinggi di 3 media sosial utama di Indonesia: Twitter, Instagram, Facebook.

  1. Agnez Mo – Diamonds (Ft. French Montana)
  2. Fiersa Besari – Celengan Rindu
  3. Hindia (Baskara Putra) – Membasuh (Ft. Rara Sekar)
  4. Kunto Aji – Pilu Membiru
  5. Rich Brian – 100 Degrees

Top Male Singer of the Year

Kategori ini adalah musisi yang mencuat sekitar pertengahan 2018 – 2019 dengan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019.

  1. Andmesh – Cinta Luar Biasa
  2. Budi Doremi – Tolong
  3. FIERSA BESARI – Waktu Yang Salah (Ft. Tantri)
  4. Judika – Cinta Karena Cinta
  5. Rizky Febian – Berpisah Itu Mudah (With Mikha Tambayong)

Top Female Singer of the Year

Kategori ini adalah musisi yang mencuat sekitar pertengahan 2018 – 2019 dengan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019.

  1. Brisia Jodie – Kisahku
  2. Hanin Dhiya – Berkawan Dengan Rindu
  3. Marion Jola – Rayu (With Laleilmanino)
  4. Nadin Amizah – Sorai
  5. Yura Yunita – Intuisi

Top Duo/Group/Band of the Year

Kategori ini adalah musisi yang mencuat sekitar pertengahan 2018 – 2019 dengan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019.

  1. Gac (Gamaliel Audrey Cantika) – Suara
  2. Hivi! – Jatuh Bangkit Kembali
  3. Juicy Luicy – Tak Terbaca
  4. Noah – Wanitaku
  5. The Overtunes – Bicara (Ft. Monita Tahalea)

Top Radio Airplay of the Year

Kategori ini adalah musisi yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 berdasarkan data pemutaran radio dan dirilis sekitar pertengahan 2018 – 2019.

  1. Adu Rayu – Yovie Widianto, Tulus, Glenn Fredly
  2. Cinta Karena Cinta – Judika
  3. Hanya Rindu – Andmesh
  4. Rayu – Marion Jola, Laleilmanino
  5. Wanitaku – Noah

Top Karaoke Song of the Year

Kategori ini adalah musisi dan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019 berdasarkan data jaringan karaoke.

  1. Akhir Cinta – Panbers
  2. Dia – Anji
  3. Harusnya Aku – Armada
  4. Kangen – Dewa 19
  5. Kekasih Bayangan – Cakra Khan
  6. Salah Apa Aku – Ilir7

Top Throwback Hits of the Year

Kategori ini adalah musisi dan lagu yang berada di chart Billboard Indonesia TOP 100 sepanjang 2019. Lagu berusia minimal satu dekade.

  1. Berharap Tak Berpisah – Reza Artamevia
  2. Dan – Sheila On 7
  3. Kangen – Dewa 19
  4. Kecewa – Bunga Citra Lestari
  5. Kenangan Terindah – Samsons
  6. Manusia Bodoh – Ada Band

Top Lifetime Achievement 2019

Penghargaan bagi sosok musisi berpengaruh yang menoreh catatan khusus dalam dinamika industri musik Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Inilah Persiapan Para Grand Finalis Indonesia Idol X!

Berita Hiburan

Miss World Akan Hadir Pada Malam Puncak “Miss Indonesia 2020”

Berita Hiburan

Bintang Malaysia, Neelofa, Terlibat Film Baru di Indonesia

Film

“Generasi 90an: Melankolia”, Terbaru Dari Produser NKCTHI “Generasi 90an: Melankolia”, Terbaru Dari Produser NKCTHI

“Generasi 90an: Melankolia”, Terbaru Dari Produser NKCTHI

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup