Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

3 Film Tentang Kopi Produksi Indonesia yang Terkenal

Last updated on 6 Oktober, 2021

Jakarta, Layar.id – Kopi masih menjadi teman untuk mengisi waktu luang atau mengerjakan tugas. Selain itu, kopi memang cocok jika dipadukan dengan berbagai dan dinikmati pada momen yang beragam. 

Popularitas kedai kopi sebagai tempat nongkrong kini bukan hanya sebatas itu. Bahkan kedai kopi menjadi salah satu latar dalam berbagai film.

Adapun beberapa ada yang menciptakan karya film dengan tema kopi. Kita mulai dari karya anak bangsa yang berhasil mengangkat tema kopi menjadi film:

Secangkir Kopi Hitam – 1985

Film tentang kopi - Secangkir Kopi Pahit

Film tentang kopi – Secangkir Kopi Pahit

Faktanya, dibandingkan dengan kopi kekinian yang sudah banyak beredar, kopi pahit masih menjadi favorit dan andalan untuk beberapa orang.

Produk ini menjadi judul film yang dimainkan oleh Rina Hasyim, Alex Komang dan Ray Sahetapy.

Secangkir Kopi Hitam mengisahkan mengenai perjuangan hidup Oleh Togar (Alex Komang) yang pergi merantau dari desa di Sumatera Utara ke Jakarta. Walaupun sudah jauh merantau, ternyata Oleh belum berhasil.

Hingga, dia bertemu dengan Buyung yang dimainkan oleh Ray Sahetapy dan mendapatkan bantuan dari temannya sehingga Oleh bekerja sebagai reporter berita.

Oleh mendapatkan banyak masalah karena dia memang tidak memiliki pengalaman di bidang pemberitaan.

Film ini memberikan penggambaran cerita lika-liku kehidupan Oleh yang sepahit kopi hitam.

Biji Kopi Indonesia – 2012

Film tentang kopi - Biji Kopi Indonesia

Film tentang kopi – Biji Kopi Indonesia (sumber info screening)

Aroma of Heaven: Biji Kopi Indonesia adalah film dokumenter tentang gambaran miris kopi Indonesia.

Mungkin, selama ini kita merasa bahagia menikmati secangkir kopi di coffee shop. Namun setelah menonton film ini, ada kemungkinan timbul perasaaan yang berbeda.

Sudut pandang yang diambil dari film ini memang cenderung sisi menyedihkan dari dunia perkopian Indonesia.

Baca juga: Setelah 30 Tahun, Cerita “Losmen Bu Broto” Hadir di Bioskop

Meskipun, kita mengerti jika kopi Nusantara sangatlah kaya dengan berbagai macam varietas dengan rasa dan aroma yang berbeda. Dari segi biji, kopi Indonesia memiliki kualitas yang tinggi.

Sebagai kekayaan Nusantara, kopi berhasil dikeruk oleh penjajah pada zaman VOC Pemerintah Hindia Belanda dengan sistem monopoli dan tanam paksa. Bahkan hampir 2/3 pasokan kopi Eropa berasal dari Indonesia.

Namun sedihnya adalah kita yang menanam, merawat, dipaksa tapi tidak bisa meminumnya. Pada masa itu, masyarakat Indonesia hanya minum “teh kawa daun” yaitu seduhan daun pohon kopi, Sayangnya, mereka ingin mencicipi hasil tanaman mereka sendiri, tetapi tidak diperbolehkan.

Namun ada berbagai hal yang lebih menyedihkan, yaitu fenomena ini masih berlangsung sampai sekarang, walaupun tidak separah dulu.

Kopi-kopi Indonesia yang berkualitas baik akan diekspor, sementara kopi yang di Indonesia hanya mengonsumsi kopi berkualitas rendah! Keadaan biji kopi yang rusak, peyot, bahkan busuk, dan ada mencampur dengan biji jagung.

Bahkan, seakan belum cukup, Indonesia mengimpor kopi kualitas rendah dari Vietnam. Wajib nonton film ini untuk mengetahui sisi gelap kopi Indonesia!

Filosopi Kopi – 2015

Film tentang kopi - Filosofi Kopi

Film tentang kopi – Filosofi Kopi (sumber mldspot)

Selain hadir sebagai tempat nongkrong yang hits di Jogjakarta dan Jakarta, film Filosofi Kopi termasuk hits besar di dunia perfilman Indonesia.

Durasi dari film drama hanya sebentar, yaitu 1 jam 57 menit.

Filosopi Kopi bercerita tentang  perjalanan sepasang sahabat, Ben dan Jody duet bersama membentuk kedai kopi yang berfilosofi sehingga keinginan bersama tercapai. Mereka berdua memiliki impian untuk menyediakan kopi terbaik se-Indonesia.

Filosofi dari kopi yang recommended, kopi mana yang terbaik untuk digunakan di kedai, film ini juga menuturkan perjalanan perdamaian Ben dengan masa lalunya, dan itu masih berhubungan juga dengan kopi!

Pemeran dari film ini adalah Chicco Jerikho sebagai Ben dan Rio Dewanto menjadi Jody sangat sukses membawakan karakter yang sesuai dengan karya Dewi Lestari ini.

Saking suksesnya novel dan film Filosofi Kopi, dibuatlah kedai kopi bernama sama:

  1. Filosofi Kopi Melawai di Kawasan Terpadu Blok M Square, Jl. Melawai 6 No.1, Jakarta Selatan 
  2. Filosofi Kopi Jogja di Jl. Pandhawa No.001/17, Sleman, Yogyakarta

Sehabis menonton filmnya, mungkin Pelayar boleh nyobain kopinya! (Prs/Eve)

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Salah satu produksi dari Starvision Plus adalah sebuah film komedi dengan judul Mau Jadi Apa? yang ditulis dengan sutradarai Soleh Solihun....

Drama Korea

Jakarta, Layar – Sebagai pemeran utama dari drama terbaru MBC “The Red Sleeve Cuff”, Lee Se Young tampak antusias menceritakan detail karakter yang ia...

Film Indonesia

Jakarta, Layar.id – Meski masih di tengah pandemi, namun kreatifitas dan semangat sineas Indonesia tak mandek, dan tetap bertumbuh. Contohnya film Paranoia yang dibintangi...

Video

Jakarta, Layar.id – Premiere Hawkeye semakin dekat dan Marvel memberikan sebuah video trailer baru berisi pengumuman penting. Hawkeye akan membawakan kisah si pahlawan pemanah...