Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Sinopsis Film Indonesia 1 CM, Serunya Membangun Nasionalisme dan Patriotisme

Film Indonesia 1 CM_1a
Film Indonesia 1 CM. (Sumber: Film Indonesia)

Layar.id – Bagi para pecinta film di Tanah Air, perlu diketahui bahwa Dedy Arliansyah Siregar bersama Lima Sembilan Vision siap mempersemahkan film komedi Indonesia yang tidak hanya mengundang tawa, namun juga memfokuskan pada nilai – nilai nasionalisme dan cinta tanah air. Dari film ini juga menunjukkan kedewasaan induistri perfilman dalam menyajkan karya – karya berkuaitas yang mampu menginspirasi penonton. Film 1 CM menggambarkan kisah perang tradisional antara dua kelompok remaja dalam mempertahankan batas negara mereka. Kedua kelompok ini sama – sama tidak boleh melangkah sejengkal pun atau 1 cm untuk meraih kemenangan. Dalam beberapa adegan aksi menghibur dan menyenangkan selama perjalanan perang mereka, namun juga aka nada ketegangan dan kegembiraan dalam perjuangan mereka. Lantas, seperti apa Sinopsis Film Indonesia 1 CM? yuk simak!

Sinopsis Film 1 CM

Film Indonesia 1 CM. (Sumber: Film Akurat)

Pasukan merah putih dan pasukan ras lain terbagi menjadi dua kubu. Semua itu hanya untuk mempertahankan batas wilayah mereka sehingga mereka harus melewati sungai dan medan yang terjal.

Saat itu perang dimulai ketika musuh menyerang dengan mainan seperti pistol kayu, bom air dan plastik. Akan tetapi, dalam pertempuran tersebut aka nada pesan moral tentang toleransi dan kemanusiaan dimana kedua sisi menunggu satu sama lain saat lawan sedang beribadah.

Berbeda dengan film lainnya, 1 CM lebih menonjolkan pemeran masyarakat asli Sumatra Utara, baik dari lokasi produksi hingga para pemainnya.

Oleh sebab itu, film ini menunjukkan sisi budaya Indonesia yang asli dan pesan tentang menjaga negara dengan cara yang menyenangkan dan alami. Film 1 CM dibintangi oleh trio muda yang berbakat sejak kecil yaitu Raihan Firjatullah Valendiazz, Ovellia Angelina Yan dan Icha Lubis.

Dalam film ini, mereka melalui perjalanan yang sulit mneyeberangi sungai dan melewati medan yang terjal demi mempertahankan batas wilayah mereka.

Ditegah – tengah pertempuran terdapat pesan moral tentang toleransi dan kemanusiaan, dimana kedua kbuh masih saling menunggu saat lawan sedang beribadah.

Pergunakan Bahasa Daerah Yang Beragam

Tampak para pemain atau anak – anak tersebut menggunakan bahasa yang berbeda, yang menunjukkan asal dan ras yang berbeda juga.

Mereka pun mempunyai peraturan permainan yang menerkankan tolerasi beragama dengan tidak boleh saling serang ketika salah satu kubu sedang beribadah. Toleransi ini menjadi saling berbagi dan menjadi yang menjadi nilai plus dalam film ini.

Selain itu, film Indonesia 1 CM ini digarap oleh sineas lokal Medan yaitu sutradara Dedey Arliansyah Siregar dan diproduseri oleh Dedy Arliansyah Siregar, Paul Ginting, Dohardo Pakpahan. Tidak hanya itu, film ini juga dibintangi oleh 32 anak asal Medan.

Dilatar belakangi kebinekaan ras dan agama tersebut mmebuat film ini mengandung nilai nasionalisme yang baik dalam mengarakan anak – anak. Dimana mereka saling menjaga perbedaan dengan memperjuangkan tujuan yang sama.

Baca juga: Sinopsis Film Kejar Mimpi, Gaspol! Intip Fakta Menariknya!

Sarat Akan Perjuangan dan Nasionalisme

Film Indonesia 1 CM. (Sumber: Sineas Film Indonesia)

Melalui film 1 CM beruoaya mendidik dan memberi pelajaran dengan cara yang bisa dinikmati. Sehingga, pesan – pesan nasionalisme hingga kebiasaan penggunaan ponsel. Permainan perang – perangan ini sudah melekat. Pada perminan perang – perangan ini sudah cukup melekat dan menjadi suatu tradisi kecil antara dua kelompok tersebut.

Film Indonesia 1 CM telah ditayangkan di bioskop seluruh Inodnesa pada tanggal 14 Maret 2024. Dalam film ini, penonton dapat menemukan semangat nasionalisme yang ditonjolkan dalam suasana komedi yang segar dan menghibur.

adi, janan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan karya inspiratif dan merasakan semangat nasionnalisme yang ditonjolkan dalam kebangsaan yang tersirat di dalamnya!

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

TV Series

Layar.id – Kawin Tangan, series indonesia terbaru 2024, resmi tayang di We TV mulai 14 Juni 2024. Series ini hadirkan kisah permasalahan rumah tangga...

Film Indonesia

Layar.id – Ipar Adalah Maut merupakan film Indonesia terbaru yang tayang mulai Kamis, 13 Juni 2024, di bioskop. Film Ipar Adalah Maut dibintangi oleh...

Film Indonesia

Terakhir diperbarui 9 Juni, 2024 Layar.id – Film Nona Manis Sayange merupakan salah satu film pembuka di bulan November. Film ini dijadwalkan tayang diseluruh...

Film Indonesia

Terakhir diperbarui 9 Juni, 2024 Layar.id – Film Teori Cakrawala karya sutradara Ivan Oche sudah tayang di bioskop seluruh Indonesia dan mendapatkan review yang...

Exit mobile version