Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Pemeran Utama Pria Terbaik Piala Citra

Layar.id – Piala Citra atau sebutannya kali ini Festival Film Indonesia atau FFI. Merupakan ajang bergengsi bagi insan perfilman Indonesia. Terutama Penghargaan FFI untuk Pemeran Utama Pria Terbaik, juga dikenal sebagai Piala Citra untuk Pemeran Utama Pria Terbaik atau Aktor Terbaik.

Merupakan sebuah penghargaan yang diberikan di Festival Film Indonesia (FFI) sebagai bentuk pengakuan atas prestasi luar biasa para pemeran pria (aktor) Indonesia dalam peran-peran utama. Penghargaan ini dianggap setara dengan Oscar oleh Screen International dan dianggap sebagai penghargaan film paling bergengsi di Indonesia.

Tujuan dari Penghargaan FFI adalah untuk menghargai prestasi insan perfilman Indonesia serta mendorong minat masyarakat terhadap industri perfilman tanah air. Sejak diberlakukannya sistem nominasi pada tahun 1979, pemenang Penghargaan FFI dipilih melalui proses seleksi dari daftar pendek yang terdiri dari tiga hingga enam nominasi, yang ditetapkan oleh sebuah komite. Sejak tahun 1987, daftar pendek tersebut telah dibatasi menjadi lima nominasi.

Penghargaan ini pertama kali diperkenalkan pada Festival Film Indonesia tahun 1955, di mana pada saat itu terdapat dua penerima penghargaan, yaitu A.N. Alcaff atas perannya dalam film “Lewat Djam Malam” dan A. Hadi atas perannya dalam film “Tarmina.”

Penghargaan ini secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya, namun terdapat satu pengecualian pada tahun 1980. Pada tahun tersebut, para juri menyatakan bahwa tidak ada aktor yang memiliki prestasi yang pantas untuk dinominasikan dalam penghargaan tersebut. Setelah tahun 1992, terjadi penurunan produksi film nasional yang menyebabkan festival tersebut terhenti.

Barulah pada tahun 2004, Festival Film Indonesia kembali diselenggarakan sebagai acara tahunan setelah berhasil mendapatkan dukungan dana dari pemerintah Indonesia.

Berikut pemenang pemeran utama pria terbaik Festival Film Indonesia tahun 2012-2022:

  • Donny Damara (Pemenang FFI 2012)

Drs. Damara Prasadhana, yang dikenal dengan nama Donny Damara, adalah seorang aktor, model, dan politikus Indonesia yang berdarah keturunan Sunda. Ia lahir pada tanggal 12 Oktober 1966.

Film yang sedang diperankan: Romeo Ingkar Janji (2023) sebagai Adrian.

  • Reza Rahardian (Pemenang FFI 2013 dan 2016)

Reza Rahadian Matulessy, atau yang lebih dikenal dengan nama Reza Rahadian, adalah seorang aktor, model, dan penyanyi Indonesia yang memiliki keturunan Persia dan Ambon. Ia lahir pada tanggal 5 Maret 1987. Selain berkarir di dunia hiburan, Reza Rahadian juga menjabat sebagai Ketua Festival Film Indonesia untuk periode tahun 2021 hingga 2023.

Film yang sedang diperankan: 24 Jam Bersama Gaspar sebagai Gaspar

Baca Juga: Sinopsis Film 24 Jam Bersama Gaspar

  • Chicco Jerikho (Pemenang FFI 2014)

Chicco Jerikho Jarumillind, yang lahir pada tanggal 3 Juli 1984, adalah seorang pemeran, model, dan produser Indonesia dengan keturunan Thai dan Batak. Karier Chicco dimulai ketika ia berpartisipasi dalam pemilihan sampul depan majalah Aneka Yess! pada tahun 2000. Sejak itu, ia telah mengukir namanya dalam industri hiburan dengan berbagai peran menonjol dalam film dan televisi.

Film yang sedang diperankan: Sri Asih sebagai Awang/Godam.

  • Deddy Sutomo (Pemenang FFI 2015)

Deddy Sutomo, yang lahir pada tanggal 26 Juni 1939 dan meninggal pada tanggal 18 April 2018, adalah seorang aktor dan politikus Indonesia. Pada era 2010-an, Deddy telah mengukir namanya dalam dunia perfilman dengan berperan dalam sepuluh film, di antaranya adalah “Menebus Impian” pada tahun 2010 dan “Tanda Tanya” pada tahun 2011. Deddy Sutomo dikenal sebagai seorang aktor yang berbakat dan telah memberikan kontribusi besar dalam industri hiburan Indonesia.

Film yang sedang diperankan: –

  • Teuku Rifnu Wikana (Pemenang FFI 2017)

Teuku Rifnu Wikana, yang lahir pada tanggal 3 Agustus 1980, adalah seorang pemeran dan sutradara Indonesia berdarah keturunan Aceh. Selain aktif dalam dunia perfilman, ia juga dikenal sebagai seorang aktor teater yang berbakat. Sebelum memulai karirnya di bidang seni peran, Teuku pernah bekerja sebagai manajer untuk saluran radio CAS 90.4 FM yang menjangkau kawasan Pematangsiantar. Dedikasi dan bakatnya dalam seni telah membuatnya menjadi salah satu figur penting dalam industri hiburan Indonesia.

Film yang sedang diperankan: Adagium sebagai Guntur

  • Gading Marten (Pemenang FFI 2018)

Angkling Gading Gumilang, yang lebih dikenal sebagai Gading Marten, lahir pada tanggal 8 Mei 1982, adalah seorang aktor, presiden klub Persik Kediri, dan pembawa acara ternama di Indonesia. Ia merupakan putra dari salah satu aktor terkenal Indonesia, Roy Marten, dan juga memiliki hubungan kekerabatan sebagai keponakan dari aktor Indonesia lainnya, yaitu Rudy Salam dan Chris Salam. Gading Marten telah membuktikan bakatnya dalam dunia hiburan dengan berbagai peran menonjol dalam film dan televisi, serta kesuksesannya sebagai pembawa acara yang memikat penonton. Selain itu, perannya sebagai presiden klub Persik Kediri menunjukkan keterlibatannya dalam dunia olahraga sepak bola.

Film yang sedang diperankan: –

  • Muhammad Khan (Pemenang FFI 2019)

Nurdiyanto, S.Sn., yang lahir pada tanggal 28 Maret 1991 dan lebih dikenal dengan nama Muhammad Khan, merupakan seorang pemeran Indonesia yang sangat diakui dalam industri hiburan. Perannya yang mencuat ke popularitas adalah saat ia berperan dalam film pertamanya, “Kucumbu Tubuh Indahku” (2018), yang membawanya meraih banyak penghargaan, termasuk Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik. Prestasinya tersebut menegaskan bakatnya sebagai aktor yang mampu menyampaikan peran dengan brilian dan mengesankan penonton.

Film yang sedang diperankan: Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti sebagai Agus Widodo

  • Gunawan Maryanto (Pemenang FFI 2020)

Gunawan Maryanto, yang lahir pada tanggal 10 April 1976 dan meninggal pada tanggal 6 Oktober 2021, adalah seorang aktor, penulis, dan sutradara teater berkebangsaan Indonesia. Ia dikenal karena keterlibatannya dalam mengelola Teater Garasi, sebuah kelompok teater terkemuka di Indonesia. Selain itu, Gunawan Maryanto juga menjadi salah satu penyelenggara Indonesia Dramatic Reading Festival (IDRF) bersama Joned Suryatmoko. Setiap tahun, festival ini diadakan di berbagai kota dan menjadi sarana bagi para penggiat teater untuk mengekspresikan bakat dan karya mereka kepada publik. Melalui karyanya dalam dunia teater, Gunawan Maryanto telah memberikan kontribusi berharga dalam memperkaya seni pertunjukan di Indonesia.

Film yang sedang diperankan: Autobiography sebagai Kuli Bangunan.

  • Chicco Kurniawan (Pemenang FFI 2021)

Chicco Kurniawan, yang lahir pada tanggal 16 Mei 1994, adalah seorang pemeran dan model Indonesia yang telah menarik perhatian banyak orang. Ia meraih popularitas berkat perannya yang menonjol dalam beberapa karya film, termasuk “Posesif” dan film pendek berjudul “Pria”. Prestasi luar biasanya dalam berakting terbukti ketika ia berhasil meraih Piala Citra 2021 untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik atas perannya yang mengesankan dalam film “Penyalin Cahaya”. Chicco Kurniawan telah membuktikan bakatnya sebagai aktor yang berbakat dan mampu menyampaikan peran dengan apik, dan kariernya terus menanjak di industri hiburan Indonesia.

Film yang sedang diperankan: –

  • Marthino Lio (Pemenang FFI 2022)

Rafael Guiliano Marthino Lio, yang lahir pada tanggal 26 Januari 1989, adalah seorang pemeran, penyanyi, dan model Indonesia yang telah mencuri perhatian banyak orang. Popularitasnya semakin meluas berkat peran yang memukau sebagai Raden Mas Rangsang dalam film epik “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta”. Rafael telah membuktikan bakatnya sebagai aktor yang mengesankan dan berhasil menyampaikan peran dengan brilian. Selain itu, perannya sebagai penyanyi dan model juga menunjukkan keterampilan seninya yang serbaguna dan menjadikannya sebagai figur yang menonjol di industri hiburan Indonesia.

Film yang sedang diperankan: Detektif Jaga Jarak sebagai Almond Surendra / Jon

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Indonesia

Piala Citra ini merupakan piala yang diberikan bagi insan perfilman terbaik di Indonesia. Jika Hollywood punya Piala Oscar dan Korea memiliki Piala Daesang sebagai...

Film Indonesia

Layar.id – Before, Now & Then (Nana) merupakan film yang ceritanya mengadaptasi dari salah satu bab pada biografi berjudul Jais Darga Namaku ciptaan Ahda Imran....

Film Indonesia

Terakhir diperbarui 8 Juni, 2022 MENGHIDUPKAN KEMBALI PUISI WIJI THUKUL, YUDA KURNIAWAN BUAT FILM “NYANYIAN AKAR RUMPUT”. Layar.id – Fajar Merah, putra mendiang penyair...

Film

Terakhir diperbarui 26 Agustus, 2023 Layar.id  –  Film garapan sutradara Garin Nugroho, Kucumbu Tubuh Indahku, berhasil membawa pulang piala dari ajang bergengsi perfilman Tanah...