Connect with us

TV Series

Kerja Sama Tayangkan Dokumenter Netflix di TVRI, Kemendikbud Dikritik DPR!

Jakarta, Layar.id- Pertama kalinya program Netflix tayang di televisi loh! Film dokumenter terpilih akan tayang setiap sabtu pukul 21.30 dan akan ditayangkan ulang pada hari rabu dan minggu pukul 9 pagi. Program dokumenter ini merupakan program Kementerian, Belajar dari Rumah. 6 judul dokumenter yang tayang adalah Our Planet, Street Food, Tidying Up With Marie Kondo, Spelling The Dream, Chasing Coral, dan Night On Earth. Salah satu sinopsisnya adalah Our Planet adalah serial dokumenter yang terdiri dari 8 episode. Serial ini dibuat untuk menyebarkan awareness terhadap binatang-binatang yang terancam punah dan untuk menyebarkan awareness terhadap lingkungan sekitar tempat para satwa liar tersebut tinggal. “Program Belajar dari Rumah di TVRI ditujukan untuk membantu peserta didik, orang tua, dan guru yang memiliki keterbatasan akses internet, baik karena kendala ekonomi maupun geografis,” tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Namun program tersebut tidak mendapat respon positif dari DPR. “Kami merasa banyak anak bangsa yang lebih kreatif untuk membuat film dokumenter, film pendek, hingga panduan belajar bagi peserta didik selama masa belajar dari rumah. Ini kenapa Kemendikbud malah menggandeng penyedia layanan streaming dari luar negeri untuk sekedar menyediakan film dokumenter,” ujar Huda. Komisi X DPRD RI Syaiful Huda mengkritik langkah Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Netflix untuk memutar film dokumenter di TVRI sebagai pelaksanaan belajar dari rumah.

Seperti yang kita tahu, film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan kenyataan. Istilah “dokumenter” pertama digunakan dalam resensi film Moana (1926) oleh Robert Flaherty, ditulis oleh The Moviegoer, nama samaran John Grierson, di New York Sun pada tanggal 8 Februari 1926. The power of documentary, seseorang tak bersalah berhasil bebas dari hukuman mati karena salah tuduhan kisah tersebut bisa disaksikan di film Thin Blue Line. Thin Blue Line adalah sebuah film dokumenter tahun 1988 tentang seorang terpidana yang terancam hukuman mati bernama Randall Dale Adams, dia dihukum atas pembunuhan seorang petugas polisi tahun 1976 di Dallas. Hukuman matinya hampir dilaksanakan, hanya tiga hari sebelum eksekusi yang dijadwalkan pada tahun 1979, namun akhirnya hukuman Adams diubah menjadi penjara seumur hidup. Pembuat film, Errol Morris tiba di Dallas pada tahun 1985 untuk mulai mengerjakan film dokumenter tentang psikiater penjara. Selama pembuatan film, Morris bertemu Adams dan langsung tertarik dengan kasusnya. Investigasi Morris sendiri mengungkapkan bahwa saksi dalam persidangan kasus itu melakukan sumpah palsu, pernyataan yang dibuat oleh Adams telah disalahartikan oleh polisi, dan jaksa penuntut umum mengabaikan calon tersangka lain karena ia terlalu muda untuk dieksekusi di bawah hukum Texas. Setelah film itu dirilis pada tahun 1988, sebuah kemarahan publik mendorong seorang hakim untuk mendengarkan permohonan banding atas putusan bersalah itu dan setahun kemudian, Adams dibebaskan. Dia gak menerima kompensasi apapun dari negara bagian Texas, lho! [lil/ech]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Netflix Tambahkan Fitur Layanan “Parental Controls” Netflix Tambahkan Fitur Layanan “Parental Controls”

Film-Film Terbaru yang Akan Tayang di Netflix Bulan Juli

Film

Pemenang Oscar, Barry Jenkins Bersama dengan Leonardo DiCaprio Membuat Ulang Film Dokumenter ‘Virunga’ untuk Netflix

Film

Tampilkan Adegan Seks Penculik & Korban “365 Days” Dihujat

TV Series

Telkomsel Resmi Buka Blokirnya untuk Netflix!

Berita Hiburan

Advertisement
Connect
Newsletter Signup