Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Inilah 5 Film Terbaik Dari Denzel Washington

Film Denzel Washington
Fences, Malcolm X, Training Day, Glory, dan Flight (sumber: IMDb)

Layar.id – Terkenal sebagai aktor dan pembuat film, Denzel Hayes Washington Jr. merupakan salah satu tokoh terkenal di dunia hiburan. Berikut ini adalah lima film terbaik yang pernah diperankan olehnya.

Lahir pada 28 Desember 1954, Denzel Washington membuat penampilan layar lebar pertamanya di Carbon Copy (1981) bersama George Segal. Sejak saat itu, ia banyak bekerja di depan layar.

Namanya mulai lebih terkenal saat berhasil memenangkan piala Oscar pada tahun 1990.

Sepanjang karirnya, Denzel Washington telah menerima banyak pujian kritis. Mulai dari perannya sebagai tokoh bersejarah hingga karakter fiksi, ia mampu memberikan performa secara memukau.

Baca juga: Denzel Washington Ungkapkan The Equalizer 3 Segera Dibuat

Berikut ini adalah lima film Denzel Washington yang bisa jadi rekomendasi untuk Pelayar. Apa saja, yuk simak!

1. Fences (2016)

Denzel Washington dan Viola Davis dalam Fences (sumber: Paramount Pictures)

Troy Maxson (Denzel Washington) mencari nafkah sebagai pekerja sanitasi di Pittsburgh tahun 1950-an.

Maxson pernah bercita-cita menjadi pemain bisbol profesional, tetapi dianggap terlalu tua ketika liga utama mulai menerima atlet kulit hitam.

Oleh karena rasa dendam tersebut, Maxson melampiaskan pengalaman pahitnya kepada semua orang di sekitar, terutama sang anak.

Memiliki potensi sebagai bintang football (sepak bola Amerika), Maxson mencoba menjauhkan karir tersebut dari sang anak.

Di film ini, Denzel Washington berperan sebagai sutradara, penulis, sekaligus bintang utama.

Viola Davis, Stephen McKinley Henderson, dan Jovan Adepo turut bermain.

2. Glory (1989)

Morgan Freeman (depan) dan Denzel Washington dalam Glory (sumber: Tri-Star Pictures)

Drama sejarah yang satu ini sukses membuat Denzel Washington mendapatkan piala Oscar pertamanya sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

Di film Glory, ia memainkan karakter Pvt. Trip, seorang budak yang melarikan diri dan menjadi pemimpin di resimen.

Film ini mengangkat kisah nyata Kolonel Robert Gould Shaw (Matthew Broderick), yang memimpin satuan sukarelawan kulit hitam pertama di Union meskipun ada ketidaksukaan dari berbagai sisi.

Meski pada awalnya terbatas pada tugas-tugas manual kasar, resimen mereka berjuang untuk ditempatkan di tengah panasnya pertempuran.

3. Flight (2012)

Flight (sumber: Paramount Pictures)

Meski muncul beragam respon untuk film yang satu ini, Flight tetap menerima beberapa penghargaan dan nominasi dari banyak organisasi, termasuk dua nominasi untuk aktor terbaik dan skenario asli terbaik di Academy Awards ke-85.

Flight menceritakan tentang seorang pilot alkoholik bernama Whip Whitaker, yang menyelamatkan hampir semua penumpangnya dengan pendaratan menantang.

Sayangnya, aksi heroik Whitaker justru mengungkapkan sejauh mana kecanduan narkoba dan alkoholnya.

4. Training Day (2001)

Denzel Washington dan Ethan Hawke dalam Training Day (sumber: Warner Bros. Pictures)

Di Los Angeles, sebuah kota di mana jalanan dikuasai oleh pengedar narkoba, detektif L.A.P.D Alonzo Harris melatih seorang pemula Jake Hoyt selama 24 jam.

Dilema etis muncul ketika Hoyt melihat metode Harris untuk membersihkan jalan-jalan di South Central Los Angeles dari narkoba. Entah benar atau salah, Harris menegakkan hukum dengan melanggar peraturan.

Film yang rilis pada tahun 2001 ini membawa Denzel Washington kepada piala Oscar untuk aktor terbaik sebagai Alonzo Harris.

Adapun Ethan Hawke juga meraih nominasi aktor pendukung terbaik atas perannya sebagai Jake Hoyt.

5. Malcolm X (1992)

Malcolm X (sumber: Largo International)

Salah satu film terbaik yang dibintangi Denzel Washington ialah Malcolm X.

Bersama Angela Bassett, Albert Hall, dan Delroy Lindo, film ini berhasil meraih beragam penghargaan.

Spike Lee menjadi sutradara dari naskah skenario yang ia tulis dengan Arnold Perl.

Malcolm X menceritakan tentang seorang aktivis kulit hitam kontroversial dan pemimpin perjuangan pembebasan kulit hitam.

Ketika mencapai titik terendah selama di penjara di tahun 50-an, dia menjadi Black Muslim dan kemudian memimpin Nation of Islam.

Pembunuhan Malcolm pada tahun 1965 meninggalkan diskusi besar tentang isu rasial dan bagaimana sebuah bangsa harus menentukan nasib sendiri.

Di laman IMDb, film Malcolm X mendapatkan peringkat 7.7/10.

Itu dia, lima film terbaik yang pernah Danzel Washington perankan. Apakah Pelayar sudah pernah menonton film-film di atas?

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Gosip Artis

Last updated on 30 Maret, 2022 Jakarta, Layar.id – Will Smith memenangkan Oscar pertama tahun ini! Lewat perannya sebagai Richard William, ayah petenis terkenal...

Film Barat

Last updated on 2 Februari, 2023 Jakarta, Layar.id – Denzel Washington baru saja mengonfirmasi The Equalizer 3 akan segera produksi tahun ini. Hal ini...

Entertainment

Last updated on 20 April, 2022 Jakarta, Layar.id – Daniel Craig berhasil memuncaki pendapatan terbesar di antara para aktor Hollywood. Daftar ini dibuat oleh...

Film

Last updated on 5 November, 2021 Jakarta, Layar.id – Trailer pertama “A Journal for Jordan” tampilkan Michael B. Jordan sebagai seorang ayah juga tentara....