Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Deretan Film Jepang Bertema Baseball Paling Seru

Again
Again | foto: AsianWiki

Layar.id – Baseball merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari di Jepang. Dari tingkat sekolah hingga profesional, penikmat olahraga Jepang menjadikan baseball sebagai salah satu olahraga favorit mereka. Tidak heran kini ada pemain Jepang, Shohei Ohtani, yang berlaga di liga baseball Amrika Serikat. Tentu itu merupakan bukti bahwa dukungan untuk Ohtani sangat besar setidaknya dari negaranya sendiri.

Dengan perfilman Jepang yang sangat ahli dalam memaksimalkan setiap tema menjadi film, baseball menjadi salah satu tema tersebut. Meskipun tidak terlalu populer di beberapa negara lain, bila dikemas dalam film hal tersebut justru menjadi menarik.

Baca juga: Sinopsis Film Concussion, Sisi Gelap American Football

Cerita khas film Jepang yang memadukan drama, komedi, hingga kisah sedih tentu menjadi bumbu sempurna dan tidak terduga dalam film baseball. Dan berikut ini daftar film bertema utama baseball yang merupakan hasil produksi dari Negeri Sakura.

Daftar Film Jepang Bertema Baseball

1. The Vancouver Asahi (2014)

Vancouver Asahi

Vancouver Asahi | foto: Weekly Japan

Film ini mengambil latar di Kanada namun tokohnya semua adalah anak-anak dari imigran asal Jepang. Mereka berkumpul dan membentuk tim baseball untuk bermain di liga amatir. Tim mereka menjadi populer karena menunjukkan sportivitas di lapangan walaupun anggota tim mereka berusaha melawan diskriminasi dan kemiskinan dalam kehidupan mereka.

Sutradara:Yuya Ishii

Pemain: Satoshi Tsumabuki, Kazuya Kamenashi, Ryo Katsuji, Yusuke Kamiji, Sosuke Ikematsu

2. Again (2015)

Again

Again | foto: AsianWiki

Mie (Haru) kehilangan ayahnya pada gempa dan tsunami Tohoku. Ia kemudian menemukan kumpulan kartu tahun baru yang tidak pernah terkirim selama bertahun-tahun. Kemudian ia menemukan dan mengumpulan teman-teman dari ayahnya untuk mencari alasan kenapa kartu tersebut tidak dikirim. Ia juga berhasil meyakinkan teman-teman dari ayahnya untuk bermain di liga baseball khusus orang tua.

Sutradara: Sumio Omori

Pemain: Haru, Kiichi Nakai, Emi Wakui, Toshiro YAnagiba, Mugi Kadowaki, Taiga Nakano

3. Battlefield Baseball(2003)

Battlefield Baseball

Battlefield Baseball | foto: AsianWiki

Masih dengan tema utama baseball, namun kali ini mengambil sudut pandang berbeda. Pada film ini, bercerita bahwa semua sekolah ingin bermain di Koshien Stadium Turnamen. Protagonis film dari sekolah Seido pun memiliki kesempatan untuk lolos pertama kalinya karena memiliki pemain hebat. Uniknya pada film ini adalah gabungan dari bela diri, horor, serta gore.

Sutradara: Ryuhei Kitamura

Pemain: Tak Sakaguchi, Atsuhsi Ito, Hideo Sakaki

Baca juga: Daftar Dokumenter Tentang UFC Terbaik

4. Moshidora (2011)

Moshidora

Moshidora | foto: Animehunter

Film kali ini tidak berfokus pada atlet baseball tapi lebih kepada manajer klub. Minami Kawashima (Atsuko Maeda) menggantikan temannya yang tadinya adalah manajer tim baseball sekolah. Iapun berjuang untuk bisa meloloskan timnya hingga ke turnamen nasional berbekal sebuah buku yang tidak sengaja ia beli. Film ini juga merupakan adaptasi dari anime dengan judul sama.

Sutradara: Makoto Tanaka

Pemain: Atsuko Maeda, Haruna Kawaguchi, Koji Seto, Minami Minegishi, Sosuke Ikematsu

5. Peanuts (2006)

Peanuts

Peanuts | foto: IMDb

Gabungan antara komedi sangat terasa kental pada film ini. Setelah timnya mengalami kemunduran prestasi, Koichi Akiyoshi (Teruyoshi Uchimura) berusaha untuk mengembalikan kejayaan mereka. Ia memanfaatkan proses pembaruan kota tempatnya tinggal untuk memperbaiki timnya tersebut.

Sutradara: Teruyoshi Uchimura

Pemain: Teruyoshi Uchimura, Masakazu Mimura, Kazuki Otake, Golgo Matsumoto, Red Yoshida, Ryo Fukawa

 

Sumber: Berbagai sumber

Foto: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Jepang

Layar.id – Aktor sekaligus sutradara Matsubayashi Urara kembali membuat film yang melibatkan isu kekerasan seksual dengan judul Blue Imagine. Seperti apa ceritanya? Cari tahu...

Film Jepang

Layar.id – Tiga korban kekerasan seksual di Jepang bergabung untuk mengecam pembuat film yang melakukan pelecehan terhadap mereka dan banyak orang lainnya. Cerita selengkapnya...

Film Jepang

Layar.id – Berawal dari kecurigaan terhadap sang istri, Mogi Hajime terpaksa memasang kamera tersembunyi di seluruh rumahnya. Simak selengkapnya mengenai sinopsis Hozo wo Kamu,...

Film Jepang

Layar.id – Tayang pada 2 Desember 2023, sinopsis 18-sai no Otonatachi menggambarkan tentang anak-anak muda yang terpecah antara orang dewasa dan anak-anak. Film coming-of-age...