Connect with us

Hi, what are you looking for?

Gosip Artis

Beda Sinetron Dulu dan Sekarang, Ini Pendapat Ari Wibowo

Ari Wibowo

Terakhir diperbarui 28 Maret, 2024

Menurut aktor senior Ari Wibowo, Terdapat jurang perbedaan yang sangat dalam antara sinetron dulu di mana ia pernah berkecimpung di dalamnya dan yang hari ini tayang di layar kaca. Seperti apa sih perbedaan tersebut?

Baru baru ini aktor senior Indonesia, Ari Wibowo mengatakan pendapatnya tentang perbedaan sinetron dulu dan sekarang. Ya, Ari telah dimintai pendapatnya tentang hal yang berkaitan dengan sinetron pada acara premier film terbarunya, Multiverse: The 13th Step, di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (22/5) malam.

Aktor senior Ari Wibowo

Ari Wibowo berpendapat bahwa sinetron yang ada sekarang sudah terlalu mengikuti pasar, sangat berbeda dengan sinetron yang dulu. Sebagai pemain sinetron senior yang masih aktif di layar kaca hingga kini, tentu ia berpendapat berdasarkan pengalamannya tersebut.

Ia mengaku merasakan adanya perubahan drastis antara sinetron Indonesia yang dulu dan sekarang. Dulu shooting sinetron dilakukan mingguan, dan kini menjadi setiap hari atau dengan kata lain dengan sistem kejar tayang. “Sinetron sekarang terlalu industri. Sekarang tuh semuanya stripping, tiap hari tayang,” katanya, menilai.

“Dulu shooting sinetron dilakukan mingguan, dan kini menjadi setiap hari atau dengan kata lain dengan sistem kejar tayang.”

Akibat proses kerja tersebutlah, Ari menilai  akan turut mempengaruhi kualitas cerita dan estetik gambar sinetron itu sendiri. “Jaman dulu itu episodenya per minggu, ketika itu story masih bisa sangat dijaga, pengambilan gambar bisa dijaga. Kalau sekarang? Shooting satu hari untuk dua episode, ya pastinya ada penurunan,” ucap Ari, lagi.

“Namun kita harus tahu mentalitas penonton. Mereka sekarang maunya serba instan, enggak mau nunggu lagi. Hari ini nonton, besok mau nonton lagi kelanjutannya. Enggak mau nunggu satu minggu kayak dulu,” ucap adik dari artis Ira Wibowo ini.

Sinetron Boy

Boy dan Dunia Terbalik, salah satu contoh sinetron Indonesia populer dengan sistem kejar tayang?

Selain itu, Ari juga menilai bahwa sistem kejar tayang juga memiliki dampak positif juga selain dampak negatif, yakni secara otomatis bisa menempa para pemain-pemainnya untuk lebih bekerja keras.

“Dari situ (kejar tayang), keluar dedikasi pemain-pemain sekarang itu luar biasa. Mereka bisa main dari sembilan pagi sampai jam tiga pagi atau tujuh pagi. Hampir 20-an jam tiap hari kerja, itu zaman dulu enggak ada,” kata Ari, mengakhiri pembicaraannya.

Lalu bagaimana menurut Anda? Setujukah dengan pendapat Ari Wibowo tentang sinetron Indonesia yang dulu dan sekarang?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Indonesia

Layar.id – Banyak sinetron Indonesia yang memiliki banyak penggemar hingga membuat sinetronnya eksis sampai sekarang. Tak heran, banyak sinetron yang dibuat kembali dengan versi...

Entertainment

layar.id – Sebuah sinetron punya keunggulan tersendiri. Termasuk sinetron Indonesia unggulan dengan rating TV jadi indikator untuk menilai tingkat popularitas dari program sinetron tersebut. ...

Vidio

Terakhir diperbarui 27 Maret, 2023 Layar.id – Layanan streaming Indonesia berlomba-lomba menayangkan film dan serial yang cocok untuk bulan Ramadhan 2023, termasuk Vidio yang...

Sinopsis

Terakhir diperbarui 8 September, 2022 Jakarta, Layar.id – Sinetron Takdir Cinta Yang Kupilih tayang setiap hari di SCTV pukul 21.15 WIB. Berikut ini adalah...